Nyaris Tandon Pipa Gas Bumi PT MKI Dilahap Jago Merah

KBRN, Tarakan : Lokasi stasiun gas alam PT Manhattan Kalimantan Investment (MKI) Binalatung, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, dalam beberapa hari terakhir rawan dari amukan jago merah yang membakar lahan kosong di sekitar PT MKI.

Terbukti, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tarakan, kembali mendapatkan laporan dari security PT MKI, Rabu (15/4/2020) pukul 16.15 WITA, kembali adanya kebakaran lahan dan api mendekati tandon pipa gas bumi.

"Sekitar pukul 16.15 WITA kami mendapat laporan kebakaran lahan, bahkan dari laporan tersebut api perlahan mendekati tandon pipa gas bumi," kata Irwan, Kepala Seksi ( Kasi ) Pemadam Kebakaran.

Dengan sigap petugas langsung menuju Tempat Kejadian Kebakaran Lahan (TKKL), mengingat lokasi api dekat dengan pipa gas bumi, petugas pemadam kebakaran melaju dengan kecepatan kencang dan tiba di lokasi 15 menit setelah laporan diterima.

"Saat di TKKL kita langsung melakukan pemadaman serta melakukan pendinginan pipa gas sepanjang 100 meter dan pekarangan tandon. Api berhasil dijinakan sekitar pukul 18.00 WITA," bebernya.

Dalam penanganan kebakaran yang berdekatan dengan tandon pipa gas bumi, personil pemadam kebakaran yang diturunkan 15 orang, dibantu petugas pemadam dari Pertamina 10 orang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota 3 orang, dan Polisi Kehutanan 5 orang personil.

"Fire engine damkar 1 unit, suply truk damkar 3 unit terdiri atas 5 ton dan 10 ton, juga ada fire engine milik Pertamina, dan peralatan lainnya. Kita bersyukur api bisa dijinakan," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00