MUI Tarakan Imbau Umat Muslim Tidak Rayakan Valentine Day

KBRN, Tarakan : Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tarakan mengeluarkan edaran nomor : C-01/MUI-TRK/II/2020 yang berisikan agar muda mudi umat Islam tidak merayakan hari kasih sayang atau valentine day yang biasa di peringati pada 14 Februari.

Ketua MUI Tarakan, K.H Muhammad Anas mengatakan, surat edaran tersebut di tujukan kepada sekolah dan Masjid. Dalam surat tersebut mengingatkan agar generasi muda yang berada di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menegah Atas (SMA) tidak ikut merayakan valentine day.

"Jadi sasaran kita anak muda karena tidak mungkin ada kakek dan nenek ikut merayakan valentine. Kita melihat dalam peryaan valentine terkadang terbawa keranah hal yang tak sesuai dengan norma hingga terjerumus dalam praktek pergaulan bebas," kata Anas, Rabu (12/2/2020).

Diakui Anas, MUI Tarakan pada 2008 lalu juga telah mengeluarkan fatwa nomor : 01/KF/TRK/2008 tentang hari valentine day dan kegiatan perayaannya.

"Untuk umat muslim sendiri merayakan valentine day haram, dan fatwa tersebut sebagai bentuk menjaga generasi muslim untuk tidak ikut-ikutan merayakannya," tutupnya.(JN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00