177 Milyar Anggaran Pembangunan Sekolah Di Kaltara Tahun 2020 Siap Lelang

KBRN, Tanjung Selor : Meningkatan Sarana Bangunan Pendidikan di Kalimantan Utara (Kaltara), Pemerintah Provinsi Kaltara mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar Rp. 76 Milyar melalui APBD, Besaran Anggaran tersebut belum termasuk dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie mengungkapkan, dana tersebut nantinya diperuntukan, untuk pembangunan gedung SLBN (Sekola Luar Biasa Negeri) Tana Tidung, pembangunan gedung aula SMKN 1 Tanjung Selor, pembangunan ruang Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di SMK 1 Tanjung Selor.

“Lalu, ada juga pembangunan lanjutan gedung sekolah SMA 1 Tanjung Selor, pembangunan gedung sekolah SMA 2 Nunukan, Kemudian pembangunan gedung sekolah SMAN 3 Tarakan,  bahkan sesuai laporan dari Kapala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, 6 kegiatan tersebut progressnya sedang dalam proses pra lelang. Bahkan ada beberapa kegiatan yang sudah siap lelang,” Jelas Irianto Rabu (22/01/2020).

Sementara itu, tahun ini Provinsi Kaltara kembali mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), melalui mekanisme Dana Alokasi Khusus (DAK). Total nilainya Rp 101 miliar  lebih. Dana ini akan digunakan untuk membangun sejumlah fasilitas Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB) yang tersebar di kabupaten/kota se-Kaltara.

Dituturkan Gubernur dari total DAK tersebut, sebesar Rp 60 M lebih akan digunakan untuk pembangunan sekolah, sisanya Rp 40 M untuk pengadaan alat praktek. “Sokongan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di bidang pendidikan tahun ini, jika dibandingkan tahun lalu, naik sekitar Rp 70 M. Tahun lalu, DAK bidang pendidikan sebesar Rp 30 M lebih,” kata Irianto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00