189 Calhaj Kaltara Berangkat pada Gelombang II

KBRN, Kaltara : Sebanyak 189 calon jamaah haji (Calhaj) di Kaltara dijadwalkan berangkat pada periode gelombang kedua. Hal itu dibenarkan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Kaltara, Saifi, Sabtu (28/5).

Ia menjelaskan ratusan calon jamaah haji asal provinsi bungsu ini diterbangkan dari Balikpapan pada 30 Juni. “Kalau dilihat dari jadwal, itu Insya Allah tanggal 30 Juni (berangkat) dari Balikpapan,” ujarnya

Tergabung di Embarkasi Balikpapan, para calon jamaah setidaknya sudah meninggalkan Kaltara pada Tanggal 28 atau 29 Juni. Artinya, satu hari menjelang jadwal penerbangan ke Tanah Suci, jamaah sudah dapat diterima di asrama haji. “Karena sehari menjelang keberangkatan sudah bisa masuk asrama,” jelasnya.

Saifi mengungkapkan bahwa ratusan calon haji asal lima kabupaten/kota di Kaltara itu, nantinya bergabung dengan rombongan asal Kalimantan Timur (Kaltim) di Kloter 7.

Ia memastikan, hingga saat ini jamaah Kaltara sudah disiapkan untuk bisa berangkat ke Arab Saudi tahun ini. “Misalnya untuk vaksin jamaah kita sudah cukup. Vaksin dua bahkan mereka sudah vaksin tiga (booster). Ditambah vaksin meningitis yang memang biasa setiap tahun diberikan kepada jamaah haji,” tuturnya.

Selain itu, calon jamaah haji juga diharuskan untuk pemeriksaan PCR sebelum diterbangkan ke Arab Saudi. Sebagaimana yang dipersyaratkan oleh negara tujuan itu, setidaknya melaksanakan PCR paling lambat 72 jam sebelum jam penerbangan.

“Untuk PCR itu minimal 72 jam sebelum berangkat, itu sudah dilakukan. Kami berharap tidak ada jamaah haji yang positif (Covid-19),” harapnya.

Sementara dari sisi pelayanan haji, Kemenag juga menjamin persiapan, baik di dalam negeri maupun saat tiba di Arab Saudi. Panitia dari pusat sudah diterbangkan lebih dulu, termasuk pegawai dari Kaltara yang menjadi petugas haji.

“Ada juga pegawai kita menjadi petugas haji di Arab Saudi. Jadi, mereka nanti sudah mulai berangkat sekitar minggu depan,” ungkapnya. (Kk/sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar