Raih Opini WTP, Bulungan Tindaklanjuti Catatan BPK

KBRN, Tanjung Selor : Bupati Bulungan, Syarwani berpesan kepada segenap jajaran Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Bulungan agar rekomendasi dari BPK tersebut segera ditindaklanjuti dan diimplementasikan di lapangan. 

Diingatkan kepada segenap jajaran Pemkab Bulungan, opini dari BPK tidak hanya sekedar predikat penilaian semata, tetapi merupakan bentuk pertanggungjawaban pemerintah daerah terhadap pengelolaan keuangan kepada masyarakat Kabupaten Bulungan.

Bupati juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya atas opini WTP dari BPK RI. Seperti diketahui, Pemkab Bulungan berhasil meraih opini WTP sejak LKPD tahun 2019, 2020 dan terbaru pada 2021 di mana pemeriksaan BPK dilaksanakan sejak awal 2022. 

“Saya bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa, serta menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Bulungan, yang telah berupaya untuk mampu bekerja sesuai ketentuan peraturan perudang-undangan yang berlaku dalam hal penatakelolaan keuangan negara maupun daerah,” ucap Bupati. 

Dijelaskan, opini dari BPK menjadi isyarat bagaimana pengelolaan keuangan daerah kabupaten/kota dalam memenuhi ketentuan yang berlaku dan juga menjadi motivasi untuk terus mempertahankan ataupun meningkatkan opini dimaksud di waktu berikutnya. 

Melalui rekomendasi hasil pemeriksaan BPK, Pemkab Bulungan diharapkan akan membuat dan melaksanakan perbaikan kebijakan yang tepat sasaran. Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK RI akan lebih bermanfaat apabila diikuti dengan tindaklanjut sebagaimana direkomendasikan BPK.

Hal itu sesuai dengan Pasal 20 ayat (3) Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, menegaskan bahwa Pemerintah Daerah wajib menindaklanjuti sesuai dengan rekomendasi yang diberikan selambat-lambatnya 60 hari setelah LHP diterima. 

“Mari kerahkan seluruh potensi yang kita miliki untuk didayagunakan bagi kemajuan dan perubahan Kabupaten Bulungan ke arah yang jauh lebih baik lagi, yang diawali dengan menatakelola keuangan negara sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar