Pemprov Kaltara Mulai Laksanakan Vaksinasi Booster

KBRN, Kaltara : Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kaltara mulai melakukan vaksinasi dosis ke tiga atau booster Covid-19 di Gedung Serbaguna Lantai 1 Gedung Gabungan Dinas, Selasa (18/1).

Kegiatan vaksinasi selama 2 hari ini ditujukan bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak yang ada di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara.

Vaksin dosis ketiga menjadi program yang tengah digalakkan oleh pemerintah pusat, dengan ASN dan Tenaga Kontrak menjadi sasaran pertama di awal tahun 2022.

Juru bicara Satgas Covid Kaltara Agust Suwandy dalam wawancara menyampaikan bahwa tidak ada batasan jumlah vaksin yang diberikan pada tahap ini. “Kalau dari jumlah vaksin tidak ada yang kita batasi dan stoknya mencukupi, jadi selain stok di kabupaten, stok vaksin di Provinsi juga cukup banyak tersedia jadi sekarang sistem penjadwalan saja dan bertahap,” bebernya.

Ia menjelaskan efek yang dialami oleh penerima vaksin booster sedikit lebih kuat dari vaksin dosis pertama dan kedua. “Dalam pemberian vaksin booster memang sedikit lebih terasa efeknya, tapi hanya sebatas pegel saja di tangan dan demam ringan, makanya kami sarankan setelah vaksinisasi baiknya istirahat dulu dan tidak beraktivitas berat,” ungkapnya.

Sementara, mengenai syarat penerima booster, pertama harus berusia di atas 18 tahun, kedua telah menyelesaikan vaksin dosis pertama dan vaksin dosis kedua dengan jarak selama 6 bulan. (Dkisp/sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar