FOKUS: #VAKSIN COVID

Puskesmas Di Bulungan Layani Vaksin Booster

KBRN, Tanjung Selor : Pemerintah Kabupaten Bulungan mulai menyuntikkan vaksin booster bagi penerima vaksin yang sudah lengkap.

Bupati Bulungan Syarwani mengatakan, selain pemberian vaksin, sosialisasi juga masih harus dilakukan karena belum semua warga memahami apa itu vaksin booster.

“Harus disosialisasikan dahulu. Jangan sampai ada masyarakat yang belum tahu soal vaksinasi booster ini. Kami berharap bisa berjalan lancar. Selain itu, kami juga perlu adanya dukungan masyarakat untuk menyukseskan program vaksinasi ini,” ujarnya.

Sejak sepekan terakhir Pemkab Bulungan sudah melakukan pemberian vaksin booster. Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulungan telah menjadwalkan pemberian vaksin booster.

Dalam pelaksanaan di lapangan, selain di Dinas Kesehatan dan beberapa tempat pelayanan yang disediakan, seluruh Puskesmas yang ada di Bulungan juga  siap untuk melayani vaksin booster.

Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Bulungan dr Velix Toding Sima menyampaikan, masih ada ribuan kuota vaksin yang disediakan untuk masyarakat Bulungan.

“Masyarakat bisa mengakses, pelayanan vaksinasi booster, melalui puskesmas yang ada. Seluruh puskesmas membuka pelayanan vaksinasi booster tersebut. Silahkan saja datang langsung. Kalau di tempat kami itu berjadwal, karena kami juga harus keliling,” ujarnya.

Diketahui, vaksin booster diutamakan bagi lansia (lanjut usia) dan yang memiliki komorbid seperti hipertensi. Tapi walaupun begitu, siapapun boleh asal syarat berusia 18 tahun dan vaksin lengkap bisa terpenuhi.

Menurutnya, seluruh puskesmas sudah melakukan sosialisasi secara massif. Kuota vaksin dipastikan masih mencukupi.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar