Kemendikbud Berikan Sertifikat Penetapan Budaya Tak Benda 2021 kepada Kaltara

KBRN, Kaltara : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI berikan Sertifikat Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Tahun 2021 kepada Pemprov Kaltara. 

Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang yang sedari awal giat memperkenalkan kekayaan budaya yang dimiliki Bumi Benuanta ke kancah nasional maupun  internasional membuahkan hasil. 

Menjadi bagian dalam penerima Sertifikat Penetapan Budaya Tak Benda Indonesia 2021, Gubernur Zainal menerima sertifikat yang diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, kemarin. 

Ia menilai tersebut bagus karena budaya-budaya yang dimiliki setiap daerah di Indonesia tercatat sehingga kedepannya tidak akan ada saling klaim budaya antar daerah. Meskipun beberapa daerah memiliki kesamaan namun tetap ada kekhasannya tersendiri. 

“Kalau saya tadi saya lihat banyak mirip-mirip budaya tak benda antara daerah satu dengan daerah lain,” katanya. 

Gubernur berharap kebudayaan asli di Kaltara agar dipertahankan dan dilestarikan. Tujuannya agar masih dapat dinikmati generasi yang kedepan yang tetap bangga menggunakan kebudayaan sendiri. 

“Segera melalui dinas pendidikan dan kebudayaan didaftar. Kita coba untuk mengakomodir semua kegiatan budaya baik itu tarian, alat musik, makanan ataupun membatik,” tuturnya. (dkisp/sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar