FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Kabinda Kaltara Optimis Capai Target Vaksinasi Hingga Akhir 2021

KBRN, Tarakan : Pelaksanaan vaksinasi massal kembali digelar Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Kalimantan Utara bersama Dinas Kesehatan Kota Tarakan, Rabu 8 Desember 2021 di SMPN 2 Kota Tarakan.

Kepala Binda Kalimantan Utara, Brigjen TNi Andi Sulaiman, mengatakan pelakasanaan vaksinasi terus dilakukan pihaknya dengan bekerja sama dengan dinas terkait dalam akselerasi memenuhi capaian target vaksinasi di daerah Kalimantan Utara.

“Dosis untuk hari ini kita siapkan 500 hingga 1000 jika dirasa kurang, sampai masyarakat habis kita tetap layani, jenis vaksin nya kita gunakan Sinovac dan Moderna baik dosis pertama dan kedua. Sementara  yang kita sasar masyarakat umum khususnya disekitar wilayah sini yang belum sempat mengikuti vaksinasi,” terangnya kepada media, Rabu (08/12/2021).

Kendati begitu, dikatakan Sulaiman, untuk mencapai target, pihaknya kini sedang berupaya keras untuk meningkatkan partisipasi peserta vaksinasi.

Menurutnya, di Kota Tarakan terdapat pekerja seperti pedagang dan nelayan yang tak memiliki waktu luang dalam menyempatkan mengikuti vaksinasi. Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan pendekatan kepada masyarakat agar dapat mengikuti vaksinasi dengan cara massal maupun door to door.

“Kita optimis bisa mencapai target, akan tetapi banyaknya masyarakat yang bekerja di luar Tarakan, seperti petambak ataupun pedagang semisalnya pagi berangkat lalu malam baru kembali, sehingga agak sulit menjangkau. Harapan kita ini mencari sela-sela waktu masyarakat agar dapat mengikuti vaksinasi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Karang Rejo, dr. Jumiati, mengatakan dalam pelaksanaan kegiatan vaksanasi ini melibatkan tenaga kesehatan yang terbagi dari tim vaksinator, tim observasi, tim screaning, hingga admin vaksin.

“Kalau tenaga kesehatan seperti biasa jadi kita ada 10 orang yang lakukan screaning, kemudian 10 orang vaksinator dan juga ada admin vaksin, lalu ada juga tenaga yang observasi jadi kurang lebih 30 tenaga kesehatan yang terlibat,” ucap dr. Jumiati.

Dijelaskan Jumiati, dalam pelaksanaan vaksin hari ini per tanggal (08/12/2021), dibanding dosis pertama, dosis kedua  lebih banyak yang disuntikan ke masyarakat, terbagi dari Sinovac dan Moderna.

“Selama ini kita melaksanan dosis kedua ini di puskesmas, lalu dilaksanakan vaksinasi massal rata-rata yang dibawa jenis vaksin pfizer ataupun sinovac, untuk diwilayah Puskesmas Karang Rejo sendiri hari ini merupakan dosis kedua moderna pertama yang kita massalkan, sebelumnya sudah pernah kita lakukan di Puskesmas Karang Rejo, tetapi ini yang pertama dosis kedua Moderna yang kita lakukan diluar Puskesmas,” tutur dia.

“Selanjutnya kita himbau kemasyarakat untuk turut beperan dalam menyukseskan vaksinasi ini, sehingga nantinya terbentuk kekebalan komunal dimasyarakat serta Indonesia terbebas dari pandemi Covid-19. Aamiin,” sebutnya. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar