Varian Omicron Semakin Dekat, Bulungan Waspada

KBRN, Bulungan : Terdeteksinya Covid-19 varian B.1.1.529 atau Omicron di negara tetangga Malaysia, membuat Pemkab Bulungan mulai melakukan antisipasi. 

Kaltara, termasuk Bulungan yang berada di kawasan perbatasan, dinilai berisiko terhadap masuknya varian tersebut. 

Bupati Bulungan Syarwani mengatakan dengan ditemukannya Omicron di Malaysia, maka warga Kaltara, termasuk Bulungan perlu waspada. Artinya, virus varian baru yang pertama ditemukan di Afrika Selatan itu, sudah semakin dekat. 

Ia meminta, masyarakat Bulungan selalu waspada dan tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) ketat. “Meskipun, penyebaran kasus aktif Covid-19 di Bulungan sudah melandai. Namun, bukan berarti prokes harus diabaikan. Protokol kesehatan, harus menjadi budaya sehari-hari. Minimal menggunakan masker,” ujarnya. 

Selain itu, bupati meminta kepada para ketua RT harus tetap berperan aktif, mendata seluruh warganya yang belum menerima vaksin. 

“Kalau masih ada yang belum vaksin, saya minta segara vaksin. Ini menjadi salah satu upaya ikhtiar kita untuk meminimalisir penyebaran virus, khususnya varian baru,” bebernya. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulungan  H Imam Sujono, mengaku akan mengikuti kebijakan pemerintah pusat dalam melakukan antisipasi penyebaran Omicron di daerah ini. Ia tak menampik, Bulungan merupakan daerah yang cukup rawan. 

“Oleh karena itu, perlu adanya pembatasan mobilitas masyarakat. Khususnya, bagi pelaku perjalanan internasional. Pengetatan tidak bisa kalau hanya melalui jalur udara,” jelasnya. 

Menurut Imam, di Kaltara banyak jalur tikus yang perlu diatensi. Hal itu diharapkan perlu diperketat. Jangan sampai varian ini masuk di Bulungan. (Kk/sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar