Tunggu Izin KASN, Tujuh Jabatan JPT Masih Kosong

KBRN, KTT : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Tidung masih menunggu izin Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait tujuh posisi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang kosong. 

“Kita mau buka, tapi masih menunggu (izin dari KASN). Mungkin ada tiga yang akan kita asesmen terlebih dahulu,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Tana Tidung, Said Agil, belum lama ini. 

JPT Pratama yang kosong diantaranya Asisten I Setkab Tana Tidung, Dinas Perhubungan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan. Kemudian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Inspektorat dan Dinas Lingkungan Hidup. 

“Kalau 2022 ada yang pensiun, perkiraan jadi 9 atau 10 jabatan yang kosong,” jelasnya. 

Ada sejumlah jabatan yang pengisiannya perlu mendapat izin dari Kementerian terkait. “Ada beberapa jabatan harus izin kementerian, salah satunya inspektur. Tidak bisa diiisi sembarang. Tapi ini izin khusus dari kementerian sudah keluar, tinggal ke KASN untuk izin umum,” paparnya. 

Sebelumnya, Pemkab Tana Tidung telah melakukan job fit untuk merotasi posisi JPT Pratama yang ada. Ini dilakukan sebagai bentuk penyesuaian latar belakang dan rekam jejak masing-masing. “Kalau kemarin kita sudah ada job fit untuk melakukan rotasi,” imbuhnya. 

Dalam tahap job fit tersebut, dikatakan tidak hanya melihat latar belakang pendidikan. Panitia seleksi turut mempertimbangkan catatan pengalaman kerja dan kompetensi setiap ASN. 

“Bicara kesesuaian tidak hanya berdasarkan kompetensi, misal orang teknik, bukan cuma itu saja. Mungkin orang teknik, tapi pernah di keuangan, pernah di kesehatan, ada prestasinya. Ada dasar dan potensi yang bisa dikembangkan dari pengalaman itu,” jabarnya. 

Namun ada sejumlah faktor yang bisa dijadikan pengecualian. Seperti kekurangan sumber daya manusia yang bersangkutan. (Kk/sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar