Luhut : Sembilan Perusahaan Asing Siap Investasi di KIPI

KBRN, Kaltara : Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengaku ada sembilan perusahaan asing yang akan berinvestasi di Kawasan Industri Pelabuhan Internasional (KIPi) Tanah Kuning-Mangkupadi, Kabupaten Bulungan. 

Bahkan, belum lama ini Luhut telah melakukan lawatan dalam rangka memastikan persiapan menjelang kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka groundbreaking KIPI Tanah Kuning–Mangkupadi. 

Ia mengungkapkan, bahwa investasi besar akan masuk di wilayah proyek kawasan industri hijau tersebut. “Nanti ada sembilan perusahaan dari mancanegara yang akan investasi di sana (KIPI). Pak Gubernur, Pak Zainal,  Bupati Bulungan juga sudah tahu. Perencanaan sudah jalan,” katanya. 

Hasil dari kunjungannya itu, akan langsung ia laporkan kepada Presiden Jokowi. Purnawirawan jenderal bintang empat TNI AD itu  mengaku optimis proyek tersebut akan berjalan dalam waktu dekat. Termasuk masalah lahan, juga menurutnya sudah tidak ada kendala. “Saya kira (lahan) tidak ada permasalahan,” sebutnya. 

Adapun untuk tenaga kerja, LBP juga mengemukakan dapat memberdayakan masyarakat di Kaltara. Bahkan, pemerintah bisa membangun sekolah tinggi yang sesuai dengan kebutuhan kawasan industri beberapa tahun ke depan. 

“Kita akan bikin nanti sekolah tinggi di sini, supaya dalam 15 sampai 20 tahun ke depan, kemungkinan dari pada proyek ini banyak dikuasai anak-anak Kaltara,” tuturnya. (Kk/sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar