Jelang Nataru, Timbangan Pedagang Ditera Ulang

KBRN, Tarakan : Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Kota Tarakan lakukan sidang tera ulang timbangan pedagang di pasar Tenguyun. 

“Dengan tera ulang ini bisa tertib ukur, dengan pengertian timbangan yang digunakan benar-benar timbangan yang sah dan tingkat keakuratanya dapat kita yakini kebenaranya. Selain itu, kita juga sedang mengejar target PAD (Pendapatan Asli Daerah) kota Tarakan,” ujar Kabid Pengembangan Perdagangan di Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Tarakan, Hary Wijaya, belum lama ini. 

Ia menjelaskan setiap timbangan yang ditera ulang dikenakan biaya retribusi sebesar Rp10 ribu- Rp15 ribu, tergantung jenis timbangan. Jika ditemukan timbangan yang rusak akan dilakukan perbaikan, selanjutnya disegel. 

“Kita punya teknisi yang bisa memperbaiki, kemudian diberi tanda segel bahwa timbangan masih layak pakai. Kalau timbangan tidak bisa diperbaiki, maka tidak boleh digunakan jika memaksa akan dikenakan sanksi sesuai dengan undang-undang perlindungan konsumen,” bebernya. 

Kegiatan sidang tera ulang dilakukan rutin setiap tahun sekali, untuk kegiatan sidang tera yang dilakukan di Pasar Tenguyun akan berjalan selama dua hari. slSelanjutnya bergeser ke Pasar Beringin dan Gusher masing-masing juga dua hari pelaksanaan. (Kk/sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar