Pesta Budaya Sungai Kayan Digelar

KBRN, Kaltara : Menjadi rangkaian penutup Hari Jadi Kaltara ke 9, Pemprov Kaltara menggelar Pesta Budaya Sungai Kayan 2021. 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur (Wagub) Yansen TP secara simbolis melalui pemukulan gong di Tugu Perdamaian Sungai Kayan dengan didampingi oleh Suriansyah, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara sekaligus Ketua Panitia penyelenggara. 

“Kegiatan Pesta Budaya Sungai Kayan Tahun 2021 dimulai hari ini hingga 2 Desember 2021 mendatang dengan melangsungkan beberapa rangkaian kegiatan,” ujar Suriansyah, Minggu (28/11). 

“Rangkaian tersebut di antaranya adalah pentas seni dan live music, bazar, lomba kuliner, eksibisi jetski, lomba menyeduh kopi, gelar produk batik pelajar SLB (Sekolah Luar Biasa, red) se-Kaltara, penampilan puncak di lima kabupaten/kota yang dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Kaltara, lomba ketinting dan perahu, lomba asinan, dan lomba mahjong,” imbuhnya. 

Mendengar hal ini, Wagub Yansen mengapresiasi kinerja panitia pelaksana. Ia berharap kegiatan yang telah dipersiapkan oleh Pemprov Kaltara tersebut mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat demi melestarikan olahraga tradisional yang mulai memudar. 

“Penampilan seni budaya merupakan kearifan lokal masyarakat, harapannya semoga tidak hanya ditampilkan pada hari ini saja tetapi terus berlangsung pada kegiatan lain sehingga dapat menjadi hakikat gaya hidup masyarakat Kaltara yang mencintai budayanya,” beber Wagub. 

Ia menjelaskan suatu saat Benuanta tidak hanya dikenal karena kaya akan keindahan alamnya seperti Sungai Kayan, tetapi juga akan dikenal dengan keanekaragaman budaya serta tradisi masyarakat melalui penggalian potensi yang sedang dilakukan oleh Pemprov Kaltara seperti saat ini. (DKISP/sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar