Keren, Malinau Punya Perbup Pemberdayaan Generasi Milenial Mandiri

KBRN, Malinau : Kabupaten Malinau dapat menjadi satu-satunya kabupaten dan kota di Indonesia yang telah menetapkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pemberdayaan Generasi Milenial Mandiri.

Untuk mendukung keberadaan Perbup tersebut, Bupati Malinau Wempi W Mawa SE didamping Wakilnya Jakaria SE  M.Si telah meresmikan serta menetapkan Sentra Pelayanan Generasi Milenial. Fungsinya, sebagai wadah sekaligus penguatan bagi anak muda di Malinau.

Gedung sentra pelayanan generasi milenial ini terletak didekat kantor Perumda Air Minum Apa' Mening, Tanjung Belimbing, Malinau Hulu.

Wempi W Mawa SE menjelaskan adanya Perbup ini memberikan penguatan terhadap generasi milenial mandiri. Generasi milenial menjadi bagian atau mitra dengan organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menggali potensi Kabupaten Malinau.

"Keterlibatan mereka mampu membantu melakukan pemetaan potensi. Baik tingkat kecamatan, desa hingga RT untuk memberikan pelatihan sesuai skil dan keterampilan anak muda saat ini,” ungkapnya.

Ia menegaskan, Perbup juga mengatur pemberian pelatihan yang diharapkan para anak muda dan dikawal sesuai keterampilan yang berujung menciptakan pendapatan sendiri dalam  berwirausaha.

Sebab  menurut Wempi, generasi muda saat ini masih terkendala permodalam dalam membuka usaha. “Karena itu ada Perbup ini untuk memberikan ruang bagi mereka mendapatkan pembinaan dari pelatihan itu. Lalu, membentuk satu komunitas. Ketika berhasil bisa mendapatkan modal dengan hasil keterampilannya,” jelasnya.

Bupati berharap kedepan tidak hanya sebatas pelatihan, generasi milenial bisa menyiapkan diri menciptakan peluang usaha sesuai kemampuannya. "Jadi, penguatan generasi milenial mandiri harus dapat terukur dan ditindaklanjuti oleh perangkat daerah teknis,” tegasnya.

Menurutnya, sentra pelayanan generasi milenial mandiri menjadi satu wadah informasi yang diperoleh generasi muda Malinau. “Sentra ini tempat akses informasi apa yang akan direncanakan. Dan akan terakses dengan Kominfo untuk memberikan informasi pelatihan apa saja atau usulan apa saja,” tuturnya. (Widayat/sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00