Kemenaker Berikan Bantuan Upah 1 Juta Bagi Pekerja

KBRN, Tanjung Selor: Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Selor, Ahmad Bisyri, belum bisa memastikan jumlah pekerja/buruh yang akan mendapat bantuan di Kabupaten Bulungan. Karena BPJS Ketenagakerjaan masih perlu menunggu verifikasi di Kemenaker.

“Saya belum bisa kasih data detail. Karena perlu menunggu hasil verifikasi dari Kementerian. Karena mungkin ada data yang tidak lengkap dan dikembalikan,” ujarnya.

Ahmad Bisyri membenarkan jika nominal bantuan sebesar Rp1 juta. Kemudian, bantuan juga diprioritaskan untuk pekerja yang belum menerima sejumlah bantuan lain. Keterangan itu tercantum dalam Pasal 3B.

“Kalau dia sudah dapat kartu prakerja, kemungkinan tidak dapat lagi. Sama juga seperti yang sudah dapat bantuan UMKM-UMKM itu (BPUM), kemungkinan tidak dapat,” jelasnya.

Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Selor mencatat ada 19.132 pekerja yang terdaftar di Bulungan. Terdiri dari 15.347 peserta kategori penerima upah (pekerja formal), 797 pekerja bukan penerima upah (pekerja informal/wiraswasta) dan 2.988 peserta dari sektor konstruksi. Namun, tidak semua peserta tersebut akan mendapatkan bantuan subsidi upah ini.

“Yang diberikan, fokusnya ke (kategori peserta) penerima upah saja. Kemudian ada sejumlah persyaratan lagi sesuai Permenaker tadi. Jadi tidak sejumlah itu semua. Karena 19 ribuan itu total seluruhnya,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengajak perusahaan untuk segera mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta di BPJS Ketenagakerjaan. Selain telah diatur sesuai ketentuan yang ada, banyak manfaat yang nanti bisa diperoleh.

“Seluruh perusahaan harus mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta. Selain sebagai kewajiban, banyak manfaat yang dapat diperoleh. Seperti salah satunya saat pandemi ini. Dimana pekerja bisa mendapat semacam stimulus bantuan dari pemerintah,” pungkasnya.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00