Dinas Kesehatan Swab Gratis, KSOP dan KPP Tarakan Uji Petik Penumpang

Pemeriksaan Antigen Penumpang di Pelabuhan Tengkayu I Tarakan.jpg

KBRN, Tarakan : Menekan Jumlah kasus Positif, Dinas Kesehatan Melaksanakan program PCR Gratis, dikhususkan untuk Pasien Suspect atau kontak erat, Tenaga Kesehatan, Petugas layanan publik – serta yang melakukan Rapid Antigen positif, hanya membawa fotocopy KTP/KK.

Juru bicara Penanganan Covid – 19 Kota Tarakan dr. Devi Ika Idiriarti M.Kes, menuturkan hal itu sudah dilakukan sesuai dengan terbitnya KMK Nomor 446 Tahun 2021 tentang penggunaan Rapid antigen dalam pemeriksaan Covid19 dan berdasarkan Pedoman Revisi ke 5 Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Desease bulan Juli Tahun 2020.

“Pelaksanaan Swap PCR program di Dinas Kesehatan dilakukan - Hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat - Pukul 14.00 Wita s/d selesai, untuk pasien yang melaksanakan PCR, selama menunggu hasil paling cepat 5 hari, melaksanakan isolasi mandiri dirumah,”Jelas dr. Devi.

Sementara itu, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tarakan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tarakan, melakukan kegiatan swab dan uji petik kepada penumpang, Motoris dan Anak Buah Kapal (ABK) yang terpusat dipelabuhan tengkayu.

Kepala KKP Kelas II Tarakan, Hidayat menjelaskan Kegiatan swab dirangkaikan dengan uji petik yang dilakukan terhadap 40 Penumpang speedboat tujuan Sebatik, Tanjung Selor dan Nunukan.

“Dari test sampel hanya butuh waktu sekitar lima hingga lima belas menit, Alhamdulillah dari 40 penumpang semua negatif,” Tegas Hidayat.

Dari hasil tersebut, semua penumpang dan speedboat dilanjutkan berlayar sesuai tujuan, karena tidak ditemukan adanya yang reaktif atau positif.

“Jika ada yang positif kita serahkan ke Dinas Kesehatan sebagai tindaklanjutnya, karena semua negatif jadi Penumpang, Motoris dan Abk melanjutkan perjalanan.” Ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00