Cegah Penyebaran Covid-19 Antar Pulau, Jam Operasional Pelabuhan Tengkayu I Tarakan Diberlakukan

KBRN, Tarakan : Mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) antar daerah di Kalimantan Utara (Kaltara), pembatasan jam operasional Pelabuhan Tengkayu I Kota Tarakan terhitung mulai diberlakukan.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tarakan, Agus Sularto melakui Kasi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli, Syaharuddin mengatakan, terhitung Kamis 16 April 2020, Pelabuhan Tengkayu I yang merupakan pelabuhan speed boat reguler antar kabupaten/kota di wilayah Kaltara mulai di berlakukan jam operasional.

"KSOP telah menerima surat dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara tentang jam operasional Pelabuhan Tengkayu I Tarakan selama terjadi covid-19,"kata Syaharuddin, Kamis (16/4/2020).

Dijelaskannya, untuk jam operasional Pelabuhan Tengkayu I Tarakan, mulai buka dan memberi layanan kepada penumpang speed pukul 09.00 WITA dan tutup pada pukul 15.00 WITA.

"Jadi yang biasanya pagi hari pukul 07.00 WITA Pelabuhan Tengkayu sudah beroperasi, untuk sementara mulai beroperasi pukul 09.00 WITA sampai pukul 15.00 WITA, untuk berakhirnya jam operasional ini kita belum tahu mungkin sampai kondisi Kaltara bebas dari wabah covid-19," ungkapnya.

Selain pembatasan jam operasional, Syaharuddin membeberkan, armada Speedboat yang beroperasi juga jumlah lebih sedikit dibandingkan terjadinya wabah covid-19.

"Total armada speed boat ada 46, namun tidak semuanya beroperasi. Untuk tujuan Tarakan-Tanjung Selor 6 armada, Tarakan-Malinau 2 armada, Tarakan-Nunukan 3 armada. Sedangan tujuan Sungan Nyamuk, Tana Tidung, dan Pulau Bunyu armada speed tidak ada yang beroperasi," jelas Syaharuddin.

Selain itu, selama pandemi covid-19, Speedboat regular sebelum meninggal dermaga Pelabuhan Tengkayu I Tarakan diminta untuk mengatur jumlah penumpang, jarak duduk penumpang didalam speed, serta mewajibkan awal kapal untuk menggunakan masker dan sarung tangan.

"Terpenting adalah melakukan sterilisasi speed boat dengan disinfektan jika telah sampai tujuan," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00