Kehadiran PLTA Kayan Bantu Tingkatkan Perekonomian Kaltara

KBRN, TARAKAN : Rencana pembangunan lima Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kabupaten Bulungan, provinsi Kalimantan utara, dinilai mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara langsung sebesar 1 persen.

Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI) kaltara, Hendik Sudaryanto mengungkapkan, dilihat secara makro faktor pembangunan PLTA kayan ini dapat mendorong pengembangan ekonomi, karena menjadi sumber penggerak ekonomi baru.

“Energi salah satu faktor utama berkembangnya suatu wilayah Industri, karena Industri membutuhkan energi yang besar. Investor tidak akan masuk ketika supplay energy tidak ada. Kita tidak bisa bergantung pada energy tak tebarukan. Sebab pertumbuhan Kaltara bisa terganggu juga,” pungkas Kepala Kpw BI Kaltara, usai kegiatan Pertemuan tahunan Bank Indonesia, Rabu (11/12/2019).

Lanjut Hendik, investasi dan konsumsi dari PT. Kayan Hydro Energy (KHE), secara jangka pendek meningkatkan ekonomi di Kaltara, yaitu dari sisi pertumbuhan, kebutuhan tenaga kerja, dan ekspor. Selain itu, bisa berdampak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi sebesar 1 persen, namun dampak secara tidak langsungnya bisa lebih besar.

“Energi air ini anugrah alam yang bisa di optimalkan sebagai penunjang seluruh kegiatan di kaltara. Dengan adanya PLTA ini harapan kita kedepan akan continue pertumbuhan yang ditopang energi ini. Mungkin tidak hanya Kaltara tapi bisa saja menyuplay se Kalimantan,” jelasnya. (crz)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00