5 Ribu Benih Ikan Nila Ditebar di Hutan Kota Bundahayati

KBRN, Bulungan : Bupati Bulungan, Syarwani bersama jajaran Dinas Perikanan Bulungan menebar 5 ribu benih ikan Nila di embung Hutan Kota Bundahayati di Jl Sengkawit, Tanjung Selor pada Rabu (6/7). 

Bupati berharap, keberadaan hutan kota dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait maupun swasta dan unsur masyarakat.

“Seperti benih ikan di embung di Hutan Kota Bundahayati ini ke depannya agar dipelihara dan dimanfaatkan dan ini bentuk kontribusi dari Dinas Perikanan,” ujar Bupati. 

Dilanjutkan, kontribusi dan integrasi program kegiatan dari berbagai OPD diharapkan dapat dilakukan di lokasi hutan kota.

“Tidak hanya kegiatan-kegiatan di bidang kehutanan tetapi juga bidang lainnya dapat dilakukan untuk memaksimalkan potensi kawasan Hutan Kota Bundahayati,” ucapnya. 

Selain OPD, Bupati berharap para pelaku usaha maupun komunitas masyarakat dapat digerakkan untuk melaksanakan kegiatan di hutan kota dengan catatan tetap menjaga kelestarian ekosistem hutan.

Diterangkan, sejumlah kegiatan yang bisa dilaksanakan antara lain pengembangan kebun kota, kegiatan wisata, UMKM, olahraga hingga komunitas musik alam sekaligus mempromosikan hutan kota.

Bupati mengimbau seluruh lapisan masyarakat memanfaatkan kawasan hutan kota untuk kegiatan olahraga, sepeda, jogging dan sebagainya. Tapi untuk benih ikan yang baru ditebar jangan langsung dipancing apalagi sampai disetrum. 

“Ini terbuka untuk umum tapi jangan mengganggu segala kegiatan ekosistem yang ada di kawasan hutan kota. Begitu pula pohon yang telah ditanam. Ini bukan untuk kepentingan kita tapi untuk kepentingan masa depan,” tandasnya. 

Ditambahkan, dengan adanya berbagai program dan kegiatan yang terintegrasi, diharapkan kawasan Hutan Kota Bundahayati ke depannya dapat memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar