Pagelaran Exspo Inovasi Produk Local Berdampak Positif Bagi UMKM Malinau

Bupati Malinau wempi w mawa saat memberikan sambutan.jpg
meninjau produk lokal.jpg

KBRN - Malinau : Sejumlah produk lokal, baik hasil olahan maupun produk jadi yang menjadi andalan Desa Malinau Sebrang Kecamatan Malinau Utara ditampilkan dalam pameran inovasi produk unggulan lokal di Taman Jajok desa Malinau Sebrang. Kegiatan yang dibuka secara simbolis Bupati Malinau Wempi W Mawa SE, MH Rabu (29/6/22) malam kemarin juga diisi dengan berbagai wahana permainan dan hiburan serta festival seni dan budaya daerah. Termasuk atraksi komunitas dan berbagai kuliner juga ditampilkan dalam kegiatan itu.

Bupati Malinau Wempi W Mawa menegaskan, adanya pagelaran Exspo inovasi produk unggulan lokal diharapkan akan menjadi sarana untuk peningkatan kesejahteraan rakyat. Yaitu melalui aktivitas ekonomi kerakyatan yang terus tumbuh dan berkembang dimulai dari industri rumah tangga, kecil dan menengah di setiap desa. "Dengan adanya expo gelar inovasi produk unggulan lokal ini akan menghidupkan ekonomi lokal dan berdampak pada peningkatan dan peningkatan pendapatan ekonomi keluarga," tegas Wempi.

Sementara itu, Ketua badan usaha milik desa (BUMDes) Malinau Sebrang Kecamatan Malinau Utara, Muhammad Gunawan dalam kesempatan itu juga menegaskan/ meski penyertaan modal desa ke BUMDes sangat minim namun tidak menyurutkan BUMDes Serindit Malinau Sebrang untuk menjalankan bisnis. "Karena ini sudah menjadi amanah yang harus dikerjakan secara bertanggung jawab, maka harus tetap kita pikul dalam menjalankan usaha BUMDes Serindit ini," ungkap Muhammad Gunawan.

Saat ini, kata Muhammad Gunawan, BUMDes yang dipimpinnya sedang menjalin kerjasama dengan dua mintra usaha. Yakni www.kambing dan pembudidaya madu. Semua ini dalam upaya pengelolaan usaha bersama yang saling menguntungkan antara peternak kambing dengan BUMDes. Khususnya dalam pengelolaan pupuk kompos. "Tapi kita terbuka dan akan banyak melakukan kerja sama dengan Mitra usaha lainnya meski tidak modal," terangnya. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar