Pelatihan Pemuda Milenial Akan ditingkatkan Tahun Depan

Pelaksanaan pelatihan beberapa waktu lalu.jpg

KBRN – Malinau : Kegiatan pelatihan keterampilan bagi kaum pemuda milenial yang digelar Dinas Keternagakerjaan (DIsnker) Kabupaten Malinau sebagia ada yang sudah selesai dan sebagian juga masih berlangsung. Salah satu kegiatan pelatihan yang masih berlangsung, kata Kepala Disnaker Kabupaten Malinau, H. Iwan Darma Yuana adalah pelatihan tukang las.

Mereka dilatih selama lebih kurang 45 hari yang dipersiapkan sebagai tenaga kerja sebagai tukang las tingkat dasar. “Mereka ini dididik selama 45 hari di Kota Tarakan. Jadi masih lama mereka, pelatihannya,” tegas Iwan Darma Yuana kepada RRI, Jumat (27/5/2022) siang.

Tetapi yang sudah selesai adalah pelatihan membatik serta pelatihan tata rias untuk mengantin. Semua itu akan ditingkatkan lagi ke depannya melalui pelantikan tingkat terampil setelah mengikuti tingkat dasar tahun ini. “Untuk pelatihan membatik ditingkatkan lagi kegiatannya lebih kearah ekobrig atau kearah penggunaan bahan alami. Sedangkan untuk tata rias, nantinya akan ditingkatkan untuk rias mengantin nuansa kedaerahan, karena yang kemarin itu pelatihan rias modern,” ungkap H. Iwan Darma Yuana.

Disinggung soal penilaian terhadap perserta, H. Iwan Darma Yuana menegaskan, hal itu sudah dilakukan oleh pelatih atau pembimbingnya selama proses pelatihan hingga akhir pelatihan. “Kalau menilaian peserta, itu sudah dilakukan mulai saat pelatihan hingga selesai oleh pelatih dan pembimbing. Bahkan, mereka sudah ada nama-nama yang dinilai punya bakat dan selama pelatihan hasilnya cukup baik,” jelas mantan Kabag Tata Pemerintahan Setkab Malinau ini.

Karena itu, para peserta diharapkan dapat mengembangkan bakat dan minatnya sesuai hasil pelatihan yang diberikan oleh pembina dan pembimbing dalam upaya meningkatkan kapasitasnya  dalam berkarya dan berusaha secara mandiri.(***)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar