UMKM Harus Mampu Jadi Tuannya Sendiri

pelaku UMKM saat berpose bersama Bupati Malinau.jpg

KBRN – Malinau : Bupati Malinau Wempi W Mawa SE menegaskan, pengembangan ekonomi local menjadi komitmen daerah dan sepenuhnya UMKM harus manfaatkan dengan baik. Termasuk tahun ini pemda membangun pusat UMKM di daerah Seluwing, Desa Malinau Kota. Hal itu disampaikan Bupati Malinau dalam perayaan HUT ke-3 UMKM Kabupaten Malinau yang dipusatkan di Showroom di simpang empat jembatan Malinau Kota, Jumat 28 Januari 2022 pagi.  

Karena itu, Bupati Malinau menginginkan pusat UMKM di Malinau ini memberi dampak positif bagi masyarakat khususnya bagi pelaku UMKM Malinau. Kemudian, Pemkab Malinau juga akan menggelar beberapa kegiatan yang dimulai pada awal Februari ini untuk dimeriahkan setiap bulan yaitu kegiatan festival budaya dari etnis local Malinau.  “Ini  menjadi kebangkitan UMKM dan masyarakat Malinau,” tegas Wempi.

Bupati Malinau menyebutkan, tampilan budaya akan di lakukan oleh masyarakat tahol sekitar 3 hingga 4 hari. Demikian juga suku dayak lundayeh di februari juga dilaksanakan di 7 hari. Begitu juga dengan lainnya, sehingga kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengerakkkan sektor ekonomi.

“Contoh olahraga, digelar dengan tetap patuh pada protocol kesehatan (prokes). Selama turmanen berlangsung maka atribut, lapakan sepatu, alat olahraga juga pasti pendapatannya pelaku usaha meningkat selain pemain meningkatkan prestasi dan kemampunnya selama bertanding,” terangnya. 

Bupati juga menegaskan, agar UMKM Malinau harus menjadi tuannya sendiri di Malinau yaitu bagaimana semua produknya bisa di kuasai masyarakat sebagai sajian dan menu yang dibanggakan.(***)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar