Pemkot Tarakan Lepas Ekspor Perdana Produksi Rumah Kemasan

KBRN, Tarakan : Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., melepas secara resmi pengiriman komoditas ekspor perdana di Gudang Berikat dan sekaligus meresmikan pemanfaatan rumah kemasan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kawasan Sentra Industri Kecil dan Menengah Kota Tarakan pada Sabtu, 22 Januari 2022, dan dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltara, para pimpinan instansi vertikal, unsur Perangkat Daerah, unsur perbankan, dan para mitra kerja Perusahaan Umum Daerah Tarakan Aneka Usaha.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh jajaran Perumda Tarakan Aneka Usaha yang telah menjalankan gudang berikat ini sehingga pada hari ini kita dapat melakukan aktivitas ekspor ini dan memanfaatkan rumah kemasan untuk memenuhi kebutuhan UMKM,” ujar Wali Kota.

Komoditas yang dikirim yaitu sebanyak 2 kontainer rokok untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Tawitawi, Filipina. Pengiriman ini pun menggandeng mitra lokal PT. Dua Jaya Group.

Ekspor langsung dari Tarakan, diterangkan Wali Kota dapat tercatat di Tarakan, “selama ini banyak komoditas kita yang diekspor tapi tidak melalui Tarakan sehingga tidak tercatat dan Pemerintah Daerah tidak memperoleh bagi hasil ekspor,” ungkap Wali Kota.

Dengan ekspor perdana ini, diharapkan Wali Kota dapat menggerakkan pengusaha lokal untuk lebih menggali peluang ekspor dan hal tersebut sangat memungkinkan dilakukan apalagi bila volume yang dikirimkan cukup signifikan.

Terkait dengan pemanfaatan rumah kemasan, Wali Kota berharap Perumda Tarakan Aneka Usaha dapat menjadi mitra strategis bagi UMKM.

Dengan kapasitas produksi yang besar dan permintaan akan kemasan dari dalam daerah yang tinggi, maka keberadaan rumah kemasan ini akan memberikan keuntungan bagi UMKM, “harganya jauh lebih murah karena tidak ada biaya logistik/pengiriman seperti bila mendatangkan dari luar daerah,” ujarnya.

Sumber : Humpro Pemkot Tarakan

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar