6 Motif Batik Tarakan Layak Kantongi Sertifikat HAKI

KBRN, Tarakan : Enam motif batik karya Kelompok Usaha Bersama Disabilitas Batik (Kubedistik) Tarakan mengantongi sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Motif yang telah terdaftar memiliki corak bermacam-macam dengan nuansa khas Tarakan, flora dan fauna seperti tumbuhan pakis, cumi-cumi, nuansa minyak dan gas terutama pipa angguk, RIG, serta logo perusahaan. Selain itu, ada juga burung enggang, dan burung enggang dua sejoli.

“Ada enam motif batik kami sudah terdaftar di Direktorat HAKI. Sehingga Kaltara, melalui Kubedistik sudah memiliki motif batik yang paten dan hanya bisa diproduksi oleh Kubedistik yang menampung karya-karya disabilitas Tarakan,” terang Muhammad Abrar Siregar, Community Development Officer Pertamina EP Tarakan Field, yang selama ini melakukan pembinaan Kubedistik, Selasa (18/1/2022).

Untuk itu, dalam waktu dekat akan diusulkan lagi lima motif batik untuk mendapatkan sertifikat HAKI  dan hasil karya disabilitas yang selama ini sudah belajar membatik maupun membuat pola dan motif. Untuk memberikan motivasi, motif batik yang diusulkan mendapatkan sertifikat HAKI akan disayembarakan dengan peserta khusus disabilitas.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar