Layani Rute ke 3T, Penerbangan Perintis SOA Tahun ini Tambah Rute Baru

KBRN, TARAKAN : Angkutan udara perintis Subsidi APBN melayani 16 rute penerbangan penumpang dan 5 rute penerbangan kargo di wilayah Kalimantan utara berlanjut di tahun 2022. Beberapa rute tersebut merupakan rute terbaru di tahun ini.

Pembukaan penerbangan perintis subsidi APBN 2022 di wilayah Kaltara di resmikan secara ceremonial dengan pemotongan pita, oleh Agus Priyanto sebagai koordinator wilayah Angkutan udara perintis di Kaltara yang juga Kepala Bandara Internasional Juwata Tarakan.

“Ini wujud nyata kehadiran pemerintah untuk mempermudah layanan kepada masyarakat melalui jasa angkutan udara. Penerbangan perintis subsidi APBN terbang setiap hari, kita harap semua pihak bersinergi untuk kesejahteraan masyarakat," ucap Agus Priyanto, Sabtu (15/1/2022).

Agus Priyanto menjelaskan, Kaltara mendapatkan amanah untuk melayani penerbangan perintis dengan 16 rute penerbangan perintis penumpang dan 5 rute penerbangan perintis kargo pada tahun ini.

“Subsidi APBN dari pusat di tahun ini sekitar Rp 40 Milliar yang angkanya kurang lebih sama pada tahun 2021 lalu. Kemudian untuk arga tiket penerbangan perintis relative terjangkau, antara Rp 300 ribu sampai dengan Rp 450 ribu. Misal, rute Tarakan – Maratua hanya Rp 340 ribu untuk sekali perjalanan," terang dia.

Rute baru yang dilayani perintis subsidi tahun ini, kata dia, yaitu rute kargo dengan tujuan Tarakan – Long Layu. Lanjutnya, rute baru ini merupakan rute yang diusulkan dari korwil Tarakan kepada Kementerian pusat. Selain itu rute penumpang tujuan Tarakan - Maratua juga dilayani perintis tahun ini.

"Alhamdulillah, ini merupakan bentuk keberhasilan bersama dan fungsi koordinasi yang baik antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam pemenuhan pelayanan bagi masyarakat. Harapan kami harga tarif tiket yang murah ini bisa di manfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat," tuturnya.

Dengan adanya penerbangan perintis ini, besar harapannya, dengan konektivas di wilayah Kaltara khususnya di daerah – daerah 3T dapat membantu mengatasi disparitas harga.

"Sangat diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan angkutan balik kargo ini, sehingga bisa meningkatkan nilai jual dari barang atau komoditas daerah untuk di jual di kota," urainya.

Sementara itu Koordinator Susi Air Tarakan, Wildan menambahkan, penerbangan perintis memang diperuntukan menjangkau pulau terluar di Indonesia dan bahkan menghubungkan daerah – daerah di perbatasan negara tetangga dengan ibu kota pemerintahan daerah.

"Penerbangan perintis subsidi dilayani maskapai Susi Air. Untuk operasional kita di Kaltara ada 3 pesawat, satu Karavan dan 2 Pilatus. Sementara harga tiket disubsidi dari pemerintah melalui APBN, masyarakat bisa langsung reservasi di Bandara yang menjadi rute perintis," pungkasnya. (Crz)

Berikut Rute perintis angkutan penumpang dan kargo di wilayah Kaltara :

1. Rute Tarakan: Tarakan – Long Bawan PP dan Tarakan – Maratua PP.

2. Rute Malinau : Malinau – Long Bawan PP, Malinau – Long Pujungan PP, Malinau – Mahak Baru PP, Malinau – Data Dian PP dan sebagainya.

3. Rute Nunukan: Nunukan – Long Bawan PP, Nunukan – Binuang PP, Nunukan – Long Layu PP.

4. Rute perintis kargo : Tarakan – Long Bawan, Tarakan – Long Ampung, Tarakan – Binuang, Tarakan – Long Sule dan Tarakan – Long Layu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar