Patuhi Prokes, Pemkab Komitmen Hadirkan UMKM Setiap Even

Wabup Malinau, Jakaria didampingi kepala OPD Malinau saat meninjau produk UMKM disekola kegiatan senam bersama peringati HUt ke-50 Korpri, Jumat(26/11/2021).jpg

KBRN – Malinau : Berbagai kegiatan yang bersifat terbuka, diharapkan pemeritah Kabupaten (Pemkab) Malinau dapat memberikan ruang atau kesempatan untuk menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan. Khususnya bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) Malinau, agar terus menggeliat dengan berjualan di berbagai  moment kegiatan.

“Jadi,  setiap ada ruang, ada kesempatan, maka UMKM ini akan ditampilkan agar bisa berpartisipasi dan bisa hadir untuk menjual produknya di tengah masyarakat,” terang Wakil Bupati  Malinau, Jakaria, kepada RRI usai senam bersama menyambut HUT ke-50 Korp Pegawai Negeri (Korpri) di lapangan prosehat pelangi Intimung, Jumat (16/11/2021) pagi.

Adanya partisipasi pelaku UMKM ini, sambung Wabup, disamping menyemarakkan juga sebagai salah satu sarana untuk menghidupkan kembali ekonomi rakyat Malinau. Karena itu, pemerintah daerah berkomitmen terus menghadirkan para pelaku UMKM Malinau dalam berbagai even-even daerah yang menjadi wadah berkumpulnya bagi masyarakat Malinau.

“Pemerintah berkomitmen untuk menghadirkan pelaku UMKM ini dalam berbagai yang dapat mengundang berkumpulnya orang-orang dalam satu kegiatan itu. Dengan tetap patuhi prokes Covid-19,” tegas mantan Camat Malinau Utara ini.

Melihat dari produk yang dihadirkan pelaku UMKM Malinau pada acara senam bersama menyambut HUT ke-50 Korpri tersebut, Wakil Bupati Malinau ini menjelaskan bahwa semua ini mayoritas merupakan produk local. Sebab, semua jenis menu makanan yang disajikan atau dijual merupakan produk olahan yang dilakukan OMKM itu sendiri. Baik berupa jajanan, sayuran hingga lauknya, hingga kemasan dan variasinya. “Pemerintah melihat, ini semua sudah memenuhi standar kesehatan, karena kemasannya juga rapi dan bervariasi dan tertutup. Sebagian besar juga merupakan merupakan hasil olahan sendiri,” ungkapnya.

Atas nama Pemkab Malinau, Jakaria berharap agar UMKM Malinau berkarya dan berkembang serta selalu eksis dalam memasarkan produknya. Semua UMKM harus bergairah untuk kembali memulihkan perekonomian Kabupaten Malinau. Karena sudah dua tahun lebih tidak melakukan aktivitas yang menonjol akibat adanya pembatasan aturan protocol kesehatan Covid 19. “UMKM juga mati suri, karena UMKM tidak bisa leluasa karena tidak diperkenankan untuk berkumpul,” tukasnya.(***)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar