Industri Mebel Berkembang Signifikan di Kaltara

KBRN, Bulungan : Didukung dengan sumber bahan baku yang melimpah dan SDM pengrajin membuat industri mebel tumbuh signifikan di ibukota Kaltara.

“Sekarang sudah banyak perajin yang terampil, terbukti sudah banyak industri mabel tumbuh dan berkembang membuat berbagai jenis lemari, meja, kursi yang terbuat dari kaya,” ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disprindakop) Kaltara Hj. Hasriyani, belum lama ini.

Ia menjelaskan jumlah industri mabel di wilayah Kaltara mencapai ratusan pengrajin. Dari jumlah tersebut sudah ada industri mebel berupa lemari yang mengirim barangnya hingga ke luar negeri. “Kebutuhan mebel kalau kita lihat meningkat dari tahun ke tahun menjadikan industri ini cukup potensial untuk pertumbuhan ekonomi,” bebernya.

Tumbuh dan berkembangnya industri mabel tentu berpengaruh besar dari majunya pembangunan di Kaltara. Sebab setelah bangunan baik rumah maupub perkantoran sudah jadi, yang masuk pertama dari isi bangunan adalah perabotan.

“Jadi memang korelasinya sangat besar. Bahkan boleh dikatakan industri mebel dan furnitur bisa tumbuh sangat bagus sejalan dengan perkembangan bisnis properti yang tengah booming,” jelasnya.

Penjualan produk furnitur di pasar domestik sebelum adanya pandemi covid-19 diproyeksikan tumbuh 12 persen hal tersebut tentunya, sejalan dengan semakin banyaknya proyek perumahan dan gedung yang telah rampung.

"Dukungan pemerintah memiliki peran yang penting bagi pengembangan industri mebel. Beberapa hal yang dibutuhkan itu seperti perizinan yang lebih mudah, dan koordinasi antar badan dan instansi dengan industri,” katanya.

Selain itu para pelaku industri mabel dituntut untuk terus berinovasi berkreasi dalam membuat desain  dengan memanfaatkan limbah kayu menjadi produk yang bernilai dan memiliki nilai jual tinggi. (Sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00