Budidaya Ikan dari Mina Padi Menjanjikan

KBRN, Bulungan : Upaya budidaya ikan air tawar dengan Mina Padi di daerah Lebuk Manis, Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah dinilai menjanjikan. Hal itu disampaikan Bupati Bulungan Syarwani setelah meninjau panen ikan Nila dan ikan Emas di daerah tersebut belum lama ini.

Syarwani menyambut positif diterapkan sistem mina padi pada lahan pertanian di Salimbatu. Selain menambah penghasilan, juga mengurangi biaya pemeliharaan padi, antara lain biaya pemupukan.

“Adanya berbagai macam sistem maupun teknologi pertanian tentunya kita harapkan dapat memberi dampak positif untuk meningkatkan hasil produksi dan pendapatan masyarakat,” ucapnya, Rabu (22/9).

Mina padi adalah suatu bentuk usaha tani gabungan yang memanfaatkan genangan air sawah sebagai kolam budidaya. Mina padi dengan demikian meningkatkan efisiensi lahan karena satu lahan menjadi sarana untuk budidaya dua komoditas pertanian sekaligus.

Tak hanya itu dia juga menyebutkan dengan  dilaksanakannya mina padi kemanfaatan air dapat dimaksimalkan dengan baik sekaligus menyelesaikan konflik antara peternak ikan dan petani.

Manfaat lain yang didapatkan dari mina padi adalah tanah menjadi subur dan hanya perlu satu kali pemupukan, mengurangi biaya tenaga kerja untuk menyiangi rumbut, hasil panen ganda berupa padi dan ikan, sekaligus lahan sawah dapat dijadikan tempat rekreasi. “Praktik mina padi tidak rumit, namun perlu belajar dari waktu ke waktu," tuturnya. (Sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00