Agar Berkelanjutan, Perajin Harus Libatkan dan Latih Generasi Muda

Dekranasda Malinau minta para perajin libatkan pemuda.jpg

KBRN – Malinau : Ketua Dekranasda Kabupaten Malinau, Maylenti Wempi menekankan kepada para perajin atau home industri agar tetap mengutamakan kualitas produk yang dihasilkan. Selain itu, dirinya juga mengharapkan, agar usaha kerajinan atau home insutry ini tidak putus pada orang tua. Tapi diharapkan anak-anak muda juga dilibatkan dalam hal menganyam, membatik dan kegiatan krajinan lainnya.

Semua itu, diharapkan anak-anak muda dilibatkan dalam kerajinan-kerajinan lokal yang ada di Kabupaten Malinau. “Dekranasda juga berharap seluruh masyarakat Malinau harus bangga menggunakan poduk-produk lokal. Termasuk ASN dan karyawan swasta,” harapnya.

Sebab, terang Maylenti Wempi, Pemkab Malinau telah menetapkan setiap tanggal 22 wajib menggunakan batik dan aksesoris daerah. Itu juga sebagai wujud untuk menggunakan hasil-hasil kerajinan masyarakat di daerah karena diwajibkan.  

“Ke depannya, diharapkan keaktifan dari seluruh pengurus Dekranasda untuk selalu bangga menggunakan produk daerah dan kita sama-sama mempromosikan keluar produk-produk daerah atau Kabupaten Malinau,”  tuturnya.

Sambungya, baik produk yang terbuat dari rotan, bambu, dan pandan serta batik-batik daerah dan aksesoris-aksesoris daerah yang dibuat oleh anak-anak Malinau. Semua ini bisa dipromosikan melalui cara memakai atau menggunakannya.

Bisa juga di foto lalu di upload di media sosial mungkin di facebook, di IG dan lainnya. “Saya pikir itu salah satu cara kita mempromosikan kemudian di setiap kegiatan. Setiap ada tamu selalu memberikan oleh-oleh itu cara kita mempromosikan juga produk-produk kerajinan yang ada di daerah kita,” tukasnya.(***)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00