Usaha Perkebunan Kelapa Sawit Masih Menjanjikan

KBRN, Kaltara : Budidaya bidang perkebunan kelapa sawit dinilai cukup menjanjikan di Kabupaten Bulungan. Hal itu disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bulungan Maibu Barwis Sugiarto.

Ia menjelaskan dari luas perkebunan sawit yang ada di Bulungan jumlah panen buah sawit juga di prediksi meningkat. “Beberapa tahun lalu untuk satu perkebunan yang ada di Kecamatan Sekatak untuk hasil panennya bisa mencapai 428.000 ton bahkan lebih, hal ini terus kami data,” ucapnya Selasa, (21/9).

Adapun luas perkebunan tahun ini kata dia, diperkirakan  akan bertambah begitu juga hasil penennya. Apalagi didukung dengan perusahaan yang memiliki pabrik crude palm oil (CPO) otomatis hasil penen pada kelapa sawit diperkiraan meningkat.

Perkebunan kelapa sawit merupakan salah satu jenis komoditas yang memberikan sumbangan yang cukup besar untuk pendapatan negara. Indonesia merupakan salah satu negara sebagai penghasil kelapa sawit yang cukup besar termasuk Bulungan.

"Rata-rata banyak perusahaan yang melihat wilayah kita (Bulungan) itu masih luas dan kondisi tanah untuk menanam pohon sawit itu sangat bagus,” jelasnya.

Meskipun prospek perkebunan kelapa sawit masih sangat besar, persiapan dan cara budidaya kelapa sawit perlu dilakukan secara teliti karena tanaman kelapa sawit merupakan tanaman tahunan sehingga produksi selama puluhan tahun akan sangat bergantung pada proses awal penanaman tanaman kelapa sawit itu sendiri. “Tentu saja pembibitan merupakan langkah awal yang penting yang harus diperhatikan secara seksama," tuturnya. (Sti)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00