Pemprov Kaltara Akan Beri Bantuan Tunai Bagi UMKM

KBRN, Tanjung Selor : Pandemi Covid-I9 tidak hanya berdampak pada kesehatan, melainkan pada sejumlah sektor lainnya. Salah satunya, terhadap pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Untuk itu, pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak, agar tetap bertahan di tengah situasi saat ini. Pemprov Kaltara melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) turut menyiapkan bantuan langsung tunai (BLT) UMKM.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kaltara Hasriyani mengatakan, ada sebanyak 600 penerima manfaat yang akan disasar bantuan.

“Itu tersebar di lima kabupaten dan kota di Kaltara,” katanya.

Ratusan pelaku usaha tersebut, diberi bantuan dengan nominal masing-masing Rp2,5 juta dan hanya sekali menerima.

Diharapkan, bantuan itu bisa dimanfaatkan dengan baik, agar usaha yang dijalankan tetap berlanjut.

“Nilai yang disiapkan sebesar Rp1,5 miliar dari APBD Kaltara,” tegasnya.

Saat ini, pihaknya menunggu usulan dari kabupaten kota. Dia menjelaskan, daerah sedang melakukan pendataan dan verifikasi. Selanjutnya, hasil verifikasi tersebut diusulkan ke provinsi, untuk disalurkan dalam waktu dekat.

“Memang harus didata dan verifikasi dulu. Ketentuannya, bantuan ini diberikan kepada mereka yang tidak dapat bantuan dari pusat. Supaya tidak ada yang dobel” terangnya.

“Kita harapkan Agustus itu sudah cair (disalurkan) kepada para penerima manfaat,” tambah Hasriyani. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00