Subsidi Upah Bagi Pekerja Wilayah PPKM Level 4

KBRN, Tanjung Selor: Pemerintah Pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), telah mengusulkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada para pekerja/buruh yang terdampak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Usulan tersebut, disampaikan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, dalam konferensi pers tindak kanjut arahan Presiden RI terkait perkembangan terkini penerapan PPKM, Rabu (21/7/2021).

Dalam penjelasan Menaker saat itu, BSU diusulkan hanya untuk pekerja/buruh di area PPKM Level 4. Ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 23 Tahun 2021. Selanjutnya, pada tanggal 23 Juli 2021, Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker, Indah Anggoro Putri, mengumpulkan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) di daerah PPKM level 3 dan 4 untuk menyosialisasikan bantuan subsidi upah  tahun 2021 ini.

Sebagaimana diketahui, Bulungan sebelumnya menjadi kabupaten di Kalimantan Utara yang tercatat sebagai daerah PPKM Level 3 hingga 25 Juli 2021. Kemudian, dalam Rapat Koordinasi Penanganan PPKM Level IV di Luar Jawa Bali, Sabtu (24/7/2021), Bulungan tercatat masuk sebagai daerah PPKM level 4. Termasuk di dalamnya Kota Tarakan dan Kabupaten Nunukan.

Pada laman resmi Kemenaker, Indah meminta para Kadisnaker dapat berkolaborasi dan bersama-sama semangat melaksanakan BSU tahun ini. Baginya, dukungan dan kolaborasi dari para Kadisnaker sangat penting bagi kelancaran pelaksanaan BSU.

“Peran bapak, ibu Kadisnaker adalah harus memastikan para pekerja yang terdampak di sektor-sektor seperti transportasi, hotel, restoran, ritel itu benar terkaver dalam BSU,” ucapnya.

Menurutnya, Menteri Ketenagakerjaan sangat menaruh perhatian terhadap program BSU guna mencegah terjadinya PHK dan dapat meningkatkan daya tahan ekonomi para pekerja. Sehingga, kemiskinan kronis tidak bertambah.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00