Terpuruk Dalam Pandemi, Ekonomi Perlu Dipulihkan

KBRN, Tanjung Selor : Dalam masa pandemi Covid-19, pemerintah gencar mengambil berbagai kebijakan penanganan. Tujuannya, untuk menekan angka penularan yang semakin meningkat. Di samping itu, ekonomi perlu dipulihkan kembali agar tetap bisa bertahan dalam situasi saat ini.

Di Kalimantan Utara (Kaltara), menurut Wakil Ketua II DPRD Kaltara Andi Muhammad Akbar, ekonomi masyarakat tetap harus diperhatikan. Daya beli perlu ditingkatkan, sehingga perputaran ekonomi berjalan.  “Daya beli masyarakat perlu ditingkatkan, karena di situ bisa dilihat bahwa ekonomi kita baik-baik saja,” katanya.

Seperti diketahui, pandemi berdampak pada sejumlah sektor, tidak terkecuali di daerah. Untuk itu, upaya pemerintah bersama semua stakeholder terkait dalam pemulihan ekonomi harus mendapatkan dukungan semua kalangan.

“Sudah seharusnya memang ekonomi dipulihkan. Tapi tetap juga memperhatikan aspek kesehatan. Jadi, harus jalan semua. Masyarakat aman, dimana virus ini dikendalikan, dan perputaran ekonomi juga terus jalan,” jelasnya.

Sektor ekonomi kreatif adalah salah satu yang bisa diandalkan saat ini. Di kala banyak usaha yang terhambat, masyarakat harus lebih kreatif dan inovatif.  “Ini lah tantangan kita. Situasi memang memaksa kita untuk kreatif. Tapi ini sekaligus peluang bagi orang-orang yang kreatif tersebut,” katanya.

Dia juga menegaskan, supaya kebijakan yang dilaksanakan harus berlaku adil. Yakni mengutamakan pelayanan kesehatan dalam hal penanganan Covid-19, kemudian mempertimbangkan kelangsungan hidup masyarakat yang harus mendapatkan dukungan finansial. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00