Optimalkan Tenaga Kerja Lokal Kaltara

KBRN, Tanjung Selor : Potensi sumber daya alam (SDA) di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sangat melimpah. Di antaranya pengembangan hydro power, tambang, minyak, gas alam, kehutanan, bio energi, perikanan, pertanian dan perkebunan, serta sektor pariwisata. Banyak peluang yang bisa ditingkatkan, dimana membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang punya kualitas.

Terkait hal itu, Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang menekankan, bahwa Kaltara juga mempunyai banyak SDM kompeten. Untuk itu, dalam mengelola SDA yang ada, dia menginginkan tenaga kerja lokal diberdayakan. Termasuk bagi para pemodal yang beroperasi di Kaltara, supaya melibatkan pekerja-pekerja lokal tersebut.

“Tenaga kerja lokal harus diberdayakan, karena kita juga punya tenaga yang ahli di bidang-bidang tertentu. Itu sudah jadi komitmen kami selalu kepala daerah,” katanya.

Termasuk di sektor konstruksi, mantan Wakapolda Kaltara itu menegaskan, bahwa provinsi termuda di Indonesia ini memiliki tenaga ahli dalam pembangunan proyek. Dia berharap, pekerjaan yang dibiayai oleh APBN maupun ABPD dapat memanfaatkan para tenaga ahli yang ada di Kaltara.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00