Berdayakan Masyarakat, Berbagai Pelatihan Dimaksimalkan

Bupati Malinau saat melihat langsung batik hasil pelatihan yang digelar oleh TP PKK Kabupaten malinau.jpg

KBRN, Malinau : Sumber daya alam Kabupaten Malinau dinilai Bupati Malinau, Wempi W Mawa SE,  sangat luar biasa. Menurut Wempi W Mawa, bagaimana sekarang bisa melihat potensi kekayaan daerah kalau tidak bisa memanfaatkan semua potensi yang ada.

“Karena itu, solusi yang terbaik adalah latihan-latihan yang telah disiapkan,” terang Bupati Malinau, Wempi W Mawa  saat menutup pelatihan membatik khas Malinau, Senin (14/6) siang.

Setelah itu, sambung Bupati Malinau ini, pihaknya akan melakukan kebijakan atas tindaklanjutnya dan sampai kepada pemasarannya. Sebab, dari semua rangkaian pelatihan itu ujungnya adalah pemasaran produk untuk mendapatkan hasil dari apa yang dikerjakan.

Namun terkait dengan kualitas yang baik atau tidak, pasti akan bersaing mendapat pasar. Paling tidak, dari pengrajin ini terdapat praktik jual beli batik warga di desa. “Di kecamatan, silakan nanti kecamatan memilih batik dari desa mana, yang ada di Kabupaten nanti kita pilih siapa yang paling berkompeten batiknya bisa kita pakai,” ungkap mantan Ketua DPRD Malinau ini.

Menurutnya, pelatihan membatik dan pelatihan-pelatihan lainnya yang dilakukan TP PKK Malinau ini tidak sekadar pelatihan saja. Tapi akhir dari pelatihan itu yang ingin dicapai meningkatkan produktifitas masyarakat dalam membangun ekonomi masyarakat dimulai dari keluarga.

Karena pelatihan ini juga bagian dari pendidikan non formal, dalam salah satu program kerja pemerintahan saat ini adalah wajib belajar Malinau maju. Yakni melalui pelatihan pendidikan formal dan nonformal yang dilakukan TP PKK ini.

Harapannya, apa yang sudah didapatkan pada hari ini, dikembangkan pasar. Sehingga bekal yang sudah didapatkan ini akan dilengkapi dengan pengalaman lapangan.

Karena, yang akan dihadapi sekarang secara nyata yakni siapa yang mampu bertahan dalam situasi dan persainga. ”Maka saya yakin, dia akan mampu menjadikan karya dari batik ini menjadi pendapatan baru bagi kehidupan keluarganya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu,  Bupati Malinau terima kasih kepada jajaran pengurus TP PKK Malinau yang terus melakukan pelatihan pembinaan kepada masyarakat. Pemkab Malinau berharap keterampilan yang dimiliki  ini dapat menjadi bekal kerja nantinya.

Ilmu dan pengetahuan para peserta yang sudah dilatih ini juga diharapkan betul-betul dapat ditransfer, dapat dibagi kepada warga masyarakat lain yang punya minta membatik tapi tidak seberuntung seperti kita yang berada di sekitar ibukota dilatih langsung,” tukasnya.(***)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00