Cegah Spekulan, Walikota Tarakan Sidak Pasar Pantau Stok dan Harga

Walikota Tarakan Sidak Harga dan Stok Sembako Jelang Idul Fitri.jpeg

KBRN, Tarakan : Cegah munculnya spekulan pemain harga barang kebutuhan pokok, jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Walikota Tarakan Selaku tim pengendali inflasi daerah (TPID) dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltara Serta Tim, melakukan pemantauan harga pasar dan ketersediaan bahan pangan di Pasar Gusher pada Sabtu (8/5/2021).

Walikota Tarakan, dr. Khaerul menuturkan, kegiatan sidak pasar menjadi kegiatan rutin TPID jelang hari besar dan hari raya keagamaan dengan tujuan untuk melihat fluktuasi harga di pasaran, agar tidak terjadi spekulasi harga yang kerap terjadi ketika menjelang Hari Raya.

"Dari hasil pemantauan, terlihat bahwa ketersediaan komoditas pangan di pasar, dalam rangka menyambut lebaran ini mencukupi, harga juga relatif normal dan kalau dilihat secara rata-rata tidak terjadi kenaikan harga secara signifikan," Jelasnya.

Selain itu menurut Khairul, untuk stok sembako masih cukup banyak, Baik cabai, bawang merah, bawang putih, termasuk penyumbang inflasi, seperti ayam dan ikan bandeng. sehingga menjelang hari H tetap stabil, Karena dalam waktu dekat, terdapat kapal yang datang mengangkut stok barang kebutuhan pokok. 

"Saya  berharap, agar sampai dengan hari raya idul fitri  nanti, harga dan ketersediaan tetap dapat stabil sehingga tingkat inflasi pun dapat terus terkendali. TPID juga setiap saat siap melakukan intervensi pasar jika diperlukan," Ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00