Jepang Pangsa Pasar Ekspor Terbesar Perikanan Tarakan

KBRN, Tarakan : Sebagai daerah penghasil perikanan di Kalimantan Utara (Kaltara), ekspor komoditas perikanan dari Tarakan masih di dominasi ke negara Jepang. 

Kepala Balai Karantina Ikan dan Penjaminan Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) Tarakan, Umar mengatakan, selain negara Jepang ada beberapa negara yang juga menjadi tujuan komoditi ekspor perikanan kota Tarakan. 

"Selain Jepang, Tawau Malaysia, Taiwan, Jepang, uni Eropa," ungkap Umar, Kamis (15/4/2021). 

Dijelaskannya, untuk Jepang komoditi yang di ekspor yakni udang windu dan ikan, sedangkan Malaysia ikan bandeng, serta kepiting. 

"Untuk uni Eropa hasil perikanan yang di ekspor kurang lebih sama, bahkan kepiting dan ikan segar ke Malaysia hampir setiap hari dilakukan pengiriman dengan menggunakan kapal," katanya. 

Umar membeberkan, Rata-rata nilai ekspor ke berbagai negara tersebut mencapai Rp 2 milyar dalam sehari. Bahkan semenjak adanya covid-19, ekspor perikanan Tarakan mengalami kenaikan 10 persen. 

"Nilai ekspor dalam sehari bisa juga mencapai Rp 3 milyar, dalam masa pandemi covid-19 pengawasan kesehatan hasil perikanan yang akan di ekspor di perketat agar bebas dari virus covid-19," tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00