Malinau Siap Menjadi Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

KBRN, MALINAU : Polres Malinau menghadapi tahap awal penilaian pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) yang dilaksanakan Tim Penilai Internal (TPI) pembangunan ZI dari Mabes Polri, Kamis (4/3/2021). TPI yang dipimpin AKBP M Ashrori SE dan beranggotakan 2 orang lainnya melakukan penilaian di enam satuan yang ada di Polres Malinau. Polres Malinau sendiri baru mencanangkan diri membangun ZI menuju WBK dan WBBM pada minggu terakhir di bulan Februari lalu. Di wilayah kerja Polda Kaltara, penilaian ini dilakukan di 4 mapolres yaitu Polres Malinau, Polres Bulungan, Polres Bulungan dan Polres Nunukan.

Ketua TPI AKBP Ashrori kepada RRI usai kegiatan penialaian internal di Polres Malinau tersebut menegaskan, penilaian TPI dilakukan terhadap kelengkapan Lembar Kerja Evaluasi (LKE) yang merupakan penjabaran dari 6 area perubahan meliputi manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Secara umum, hasil penilaian yang ditemukan sudah berjalan dengan baik. Meski diakui terdapat kesalahan dan administrasi, tetapi semua sudah memeunhi syarat dan disarankan kepada Kapolres Malinau AKBP agus Nugraha untuk segara memperbaikinya.Penilaian TPI dilakukan terhadap kelengkapan Lembar Kerja Evaluasi (LKE) yang merupakan penjabaran dari 6 area perubahan meliputi manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik. “Kami sudah cek kelengkapan LKE masing-masing program secara berulang dan saat penilaian, Ketua Program bersama Operator Program menunjukkan satu-satu persatu dokumen kelengkapan LKE kepada TPI“, sambungnya.

Sementara itu, kapolres Malinau AkBP Agus Nugraha kepada RRI mengaku siap melaksanakan dan memperbaiki apa yang menjadi saran dan masukan dari tim TPI mabes Polres demi kepuasan masyarakat yang dilayani. “ Kita siap melakukan perbaikan di semua sektor pelayanan, karena kita ini ‘kan masih baru membangun zona integritas menuju WBM dan WBBM,” tukasnya.

Sebelum melakukan penilaian internal, tim melakukan penilaian terhadap kelengkapan LKE, Ketua TPI juga meninjau ruang-ruang pelayanan publik mulai dari pylon sign, front office dan ruang Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) sesuai dengan urutan alur pelayanan.(Widayat/ RRI Malinau)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00