BPBD Kaltara, Waspada Bencana!

KBRN, Tarakan : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Utara meminta agar masyarakat waspada akan terjadinya bencana alam, banjir hingga tanah longsor. Kepala BPBD Kaltara, Andi Santiaji mengatakan, untuk Tarakan yang perlu diwaspadai adalah tanah longsor, banjir, kebakaran. Khusus banjir kata Santiaji, Kota Tarakan diakui rawan banjir disaat curah hujan meninggi.

“Kita selalu imbau untuk tetap waspada. Terutama warga yang tinggal di atas lereng perbukitan untuk waspada. Potensi tanah longsor di saat intensitas hujan cukup tinggi ini bisa mengakibatkan tanah di perbukitan menurun dan menimpa rumah di bawahnya,” katanya dalam dialog dengan RRI Tarakan, Selasa (19/1/2021)

Santiaji juga menyatakan, kejadian longsor di sejumlah wilayah di Tarakan mengakibatkan korban jiwa. Bahkan, sejumlah rumah yang menjadi korban saat ini masih butuh waktu untuk bisa dilakukan pembangunan ulang.

Namun, ia berharap dengan kondisi intensitas hujan yang tinggi di Tarakan tidak sampai menimbulkan bencana longsor.

Sementara itu, Kepala BMKG Tarakan, Armunanto menjelaskan, kondisi cuaca di beberapa wilayah di Kaltara diperkirakan masih berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir.

Terkait potensi hujan lebat itu, dia meminta masyarakat untuk tetap waspada terutama di daerah rawan banjir dan tanah longsor. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00