Melancarkan Akses Masyarakat, Narapidana Lapas Perbaiki Jalan Berlubang

KBRN, TARAKAN : Tujuh orang Narapidana Lembaga permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tarakan memperbaiki Jalan berlubang di DR Sutomo, Kelurahan Karang Balik, Selasa (28/7/2020) pagi tadi.   

Saat di temui, Kepala Lapas Kelas II A Tarakan, Yosef Yambise mengungkapkan, keguatan ini sebenarnya pembinaan bagi warga binaan di Lapas, khusus bagi mereka yang menjelang bebas.

"kita libatkan mereka dalam asimilasi bakti sosial. Ini juga untuk membaurkan narapidana dengan masyarakat sekitar Lapas. Seperti dengan memperbaiki jalan rusak ini," ungkapnya.

Ia menjelaskan, Tujuh orang Narapidana yang memperbaiki jalan ini dinilai memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan di luar Lapas, namun tetap dalam pengawasan.

"Memperbaiki jalan ini, mereka (Narapidana) dibantu juha oleh petugas Lapas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Lurah, RT, dan RW setempat," ujar Ka Lapas Tarakan.

Lanjut Yosef, alasan Bakti sosial kali ini memilih memperbaiki jalan, lantaran jalanan ini dekat dengan Lapas, kemudian akses umum masyarakat, dan rawan kecelakaan."Sebulan lebih saya di sini ada beberapa kali kecelakaan karena menghindari lubang dan lainnya," bebernya.

Yosef mengaku, kebetulan menjelang HUT Proklamasi, panitia mengemas kegiatan pembinaan ini dengan kegiatan kepanitiaan. 

"Saya rencanakan kedepan kita akan melihat lingkungan, seperti rumah ibadah yang perlu di bantu untuk cat. Menjelang HUT Kemerdekaan, kami juga sedang melaksanakan Pekan olahraga dan seni (Porseni) dan Bakti sosial," ucapnya.

Sementara itu, Ketua RT 8 Kelurahan Karang Balik, Lambona mengatakan, saat melintas dirinya mengira yang sedang memperbaiki jalan orang dari DPUTR Tarakan. Namun karena penasaran dirinya mendekat, dan ternyata yang memperbaiki jalan itu Narapidana Lapas.

"Saya bangga, dan selama tinggal di sini baru pertama kali lihat kegiatan Baksos dari Lapas seperti ini. Semoga jalan yang di perbaiki bisa bertahan lama," harapnya. (Crz)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00