Peduli Disabilitas, Pertamina Tarakan Field Berikan Pelatihan Online Membatik

KBRN, Tarakan : Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pertamina Asset 5 Tarakan Field, peduli terhadap keberadaan penyandang disabilitas, ini di buktikan dengan memberikan pelatihan belajar online desain motif batik, kepada penyandang disabilitas yang tergabung dalam Kelompok Kubedistik.

Sebanyak 6 orang penyandang disabilitas yang terdiri atas 5 tuna rungu  dan 1 tuna daksa begitu semangat mengikuti materi membuat motif batik yang disampaikan oleh Dr. Nonon Saribanon, M.Si dari LPPM Universitas Nasional.

Pembina kelompok usaha bersama disabilitas "Kubedistik", Sony Lolong mengatakan, dengan mengikuti pelatihan belajar online desain motif batik, tentunya akan menambah khazanah pengetahuan para penyandang disabilitas untuk dapat melahirkan desain batik yang lebih memiki nilai jual.

"Adik-adik kita ini memiliki talenta dalam menggambar dan tinggal kita arahkan supaya nanti motif batik yang mereka buat sendiri ada nilai jualnya dan bisa diterima oleh masyarakat,"kata Sony, disela pelatihan belajar online, Kamis (23/4/2020).

Arnelina (39) seorang penyandang tuna daksa mengakui sangat bersyukur bisa mengikuti pelatihan belajar online motif batik yang diselenggarakan oleh PT Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field, dengan pelatihan tersebut ia banyak mendapatkan ilmu cara membuat motif batik yang menarik.

"Manfaatnya menambah pengetahuan, keterampilan, mudahan kedepannya saya bisa membuka usaha batik sama seperti pembina saya pak Sony," ungkapnya.  

Tarakan Legal & Relatioan Assistant Manager, Anton Humala Doloksaribu Menyatakan, salah satu upaya Tarakan Field dalam membangun karakter mitra binaan melalui pelatihan belajar online, harapannya melalui pelatihan ini dapat menambah wawasan mitra binaan "Kubedistik".

"Pelatihan ini sifatnya refreshment, tidak sebatas pelatihan dasar menggambar, nanti banyak lagi pelatihan-pelatihan dari kami seperti pelatihan management kelompok, pelatihan pembuatan warna alam dan lain-lain. Karena adanya kebijakan pemberlakuan PSBB, saat ini hanya 6 orang yang mengikuti pelatihan belajar online tahap pertama, awal bulan mei nanti kami merencanakan untuk 5 orang lagi untuk pelatihan pembuatan warna alam,"tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00