MUI Tarakan : Jangan Cepat Percaya Informasi Salah Pembatalan Haji 2021

mui_tarakan_2.jpg
MUI Tarakan : Jangan Cepat Percaya Informasi Salah Pembatalan Haji 2021

Deskripsi Gallery

KBRN, Tarakan : Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI menyampaikan bahwa pelaksanaan ibadah haji 1442 Hijriah/2021 Masehi dibatalkan.

Keputusan ini disampaikan oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring pada Kamis 3 Juni 2021 lalu.

Terkait hal ini, ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tarakan KH Muhammad Anas berpesan, masyarakat jangan mudah terprovokasi tentang informasi tidak jelas mengenai pembatalan keberangkatan jamaah haji ini yang ramai diperbincangkan di media sosial.

"Kalau saya secara pribadi, belum tuntas ini pandemi. Dalam hukum syariat Istitho'ah (keselamatan jamaah haji), istiho'ah masalah finansial, istiho'ah masalah ilmu manasik, istiho'ah masalah kesehatan, istiho'ah masalah keamanan, kalau dipaksakan berangkat akan menjadi masalah juga, dan ini bukan hanya di indonesia saja" Jelasnya saat dikonfirmasi via telpon (07/06/2021)

Di tengah berita pembatalan pelaksanaan ibadah haji 2021 ini, berbagai berita hoaks menyebar di masyarakat dan media sosial.

"Itu tidak bisa pikul dosa nya orang yang begitu, itu namanya muflis (Kebangkrutan) dihari kemudian, itu tidak ada tabayyun nya (kebenaran), padahal yang dulu pemerintah pinjam itu kan dana abadi yang bunga-bunga haji, bukan storan yang diberangkat kan jamaah haji, karena dia (nitizen) tidak paham dan semau nya berkomentar padahal bukan ilmunya" tambahnya.

Ia menegeskan, dalam ini pemerintah bukan hanya Menteri Agama sendiri, sebelumnya jelas diadakan pertemuan komisi VIII DPR, menteri luar negeri, menteri perhubungan, bukan hanya satu saja yang menentukan, tetapi semua telah sepakat".

"Yang sudah mendaftar dengan niat tulus ikhlas itu sudah haji, walaupun ada halangan (meninggal dunia), hal ini sudah cukup jelas" tutupnya. (*)

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : Andi Muhammad Rizal A
  •   Tanggal : 07 Jun 2021

Share this

FOTO LAINNYA

00:00:00 / 00:00:00