Bintan Menargetkan Menjadi Sentra Sorgum

KBRN, Bintan : Pengembangan pertanian sorgum di kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, sebagai salah satu upaya pemerintah daerah menjadikan Bintan, sebagai daerah sentra sorgum di tanah air. 

" Selain target sentra sorgum, juga skaligus meningkatkan kesejahteraan petani lokal," kata Plt. Bupati Bintan, Roby Kurniawan, usai panen Raya Kebun Sorgum di Km.24, Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya, Minggu (16/1/2022).

Menurut Roby, sorgum merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan. Mengingat, sorgum berada pada urutan ke 5 setelah gandum, jagung dan padi.

" Saat ini pengembangan pembenihan bibit Sorgum baru dilakukan diatas lahan 20 hektare. Kedepannya, akan dikembangkan dilahan seluas 100 hektare disejumlah lahan pertanian di Bintan," harap Roby.

Tanaman sorgum ini sangat menguntungkan petani, karena tidak hanya buahnya saja yang dimanfaatkan, akan tetapi juga batangnya juga diolah menjadi berbagai produk kue kering, kue basah, minuman, dan produk lainnya yang kaya manfaat.

" Hasil dari produk olahan sorgum petani lokal di Bintan ini, direncanakan akan diekspor ke negara tetangga, seperti, Malaysia dan Singapura. Mengingat, pemasaran produk sorgum ini terbuka luas dipasar manca negara," terangnya. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar