Disdukcapil Lingga Terima Bantuan Mesin Cetak KTP, Rani : Target Tahun Ini Bisa Dioperasikan

KBRN, Lingga : Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mendapatkan bantuan mesin anjungan Dukcapil mandiri (ADM) dari Kementerian Dalam Negeri untuk mempermudah pelayanan pembuatan e-KTP di masyarakat.

Dimana ADM tersebut sebagai bentuk apresiasi dari Kemendagri, karena capaian perekaman e-KTP di Lingga sudah di atas 100 persen.

Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lingga Abdul Rani mengatakan, mesin tersebut sudah datang dan diletakkan di kantor Kecamatan Lingga.

"Mesin ADM tersebut sudah ada, dan saat ini kita letakkan di kantor Camat Lingga. Kita sudah komunikasikan dengan Camat Lingga minta tolong untuk penambahan daya," kata Rani belum lama ini.

Rani menjelaskan, saat ini mesin tersebut belum dapat difungsikan, sebab mesin tersebut difungsikan dengan menggunakan aliran listrik.

"Dan mesin tersebut nantinya kita buat seperti kotak mesin ATM, sehingga memudahkan masyarakat untuk menggunakannya," jelas Rani

Sebelum masyarakat dapat menggunakan mesin ADM tersebut, nantinya akan ada aplikasi yang disediakan oleh Disdukcapil Lingga untuk memudahkan masyarakat menggunakan mesin ADM tersebut.

"Sebeb mesin tersebut digunakan hanya untuk mencetak seperti e-KTP, KIA, KK, dan Akta. Masyarakat bisa cetak sendiri namun tergantung keadaan internet saja," bebernya

Rani menargetkan bahwa mesin ADM tersebut dapat digunakan pada tahun 2021 ini juga. Sehingga lebih memudahkan Disdukcapil dalam mencetak KTP dan yang lainnya.

"Kita rencanakan mesin tersebut dapat dioperasikan dalam tahun ini juga," ungkapnya (Wan/Yn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00