Coklit Rampung, KPU Usulkan Tambahan TPS

KBRN, Bintan : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan, mengusulkan tambahan Tempat Pemilihan Suara (TPS) baru disejumlah Kecamatan. Karena terdapat TPS yang jumlah pemilihnya lebih dari 500 orang.

" Pasca tahapan pencocokan dan penelitian (coklit), ada beberapa TPS melebihi batas maksimal, seperti, di TPS 29 Kijang Kota, TPS 9 Toapaya Selatan, TPS 5 Sebong Pereh dan TPS 2 Pengudang," jelas Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, KPU Bintan, Haris Daulay, Minggu (16/8/2020).

Menurut Haris, sesuai aturan PKPU Nomor 6 Tahun 2020 Pasal 21 ayat 4 bahwa penyusunan daftar pemilih untuk setiap TPS paling banyak 500 orang. Sehingga KPU Bintan melakukan penataan TPS dengan cara mencermati TPS terdekat.

Hasil pencermatan dan usulan jajaran KPU, dimungkinkan ada penambahan TPS di Desa Pengudang dan Desa Toapaya Selatan. Sedangkan di Kijang Kota dan Sebong Pereh masih dilakukan pencermatan lanjutan untuk proses penggabungan dengan TPS terdekat.

" Rencana penambahan itu di TPS Desa Pengudang dan Toapaya Selatan. Seandainya ada TPS terdekat, akan dilakukan penggabungan, jika tidak maka akan dilakukan penambahan TPS," tambahnya.

Sementara, hasil kegiatan pencoklitan terhadap 111.854 pemilih pada 348 TPS sudah berakhir pada (13/8) yang dilakukan oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) di masing-masing kecamatan.

" Berkenaan jumlah pemilih terakhir pasca coklit, masih dalam tahapan penyusunan. Saat ini kita masih memastikan jajaran di PPS Desa/Kelurahan menyusun hasil coklit yang sudah dimulai 7-29 Agustus mendatang," tukasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00