Tekan Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

KBRN, Tanjungppinang;  Dalam upaya mengsukseskan Pemilu 2019, Bawaslu Kabupaten Lingga meminta seluruh masyarakat khususnya wajib pilih untuk berpartisipasi dalam rangka pengawasan tahapan pemilihan umum aggota DPR, DPD, DPRD, dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.

“kita mendorong  agar warga negara yang sudah mempunyai hak pilih dapat berpartisipasi aktif dalam pemilu, serta menggunakan hak pilih dengan baik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 2017,” ujar Zamroni Ketua Bawaslu Kabupaten Lingga Provinsi Kepri, Kamis (7/2/2019)

Dikatakan Zamroni, Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pelanggaran – pelanggaran pemilu. Sosialisasi  juga diingatkan kepada para ASN dan pemilih pemula yang gemar menggunakan medsos agar bijak menggunakan media sosial.

“bagi para ASN maupun pemilih pemula harus bijak dalam menggunakan media sosial, baik berkomentar, mengunggah atau membagikan berita hoax karena akan terkena undang undang ITE,”kata Zamroni

Lebih lanjut Zamroni menjelaskan, Kabupaten Lingga termasuk kawasan hijau dalam peta pemilihan umum yang artinya tingkat kerawanan kecurangan minim atau kondusif. Meskipun demikian pihaknya tetap berupaya mencegah berbagai pelanggaran dalam pemilu.

“peranan dan proaktif masyarakat sangat membantu dalam mencegah berbagai pelanggaran dalam pemilu,jka  dalam pengawasan ditemukan terjadi pelanggaran, diharapkan masyarakat melaporkan kepada bawaslu secara berjenjang baik ditingkat kecamatan dan desa,” lanjutnya.

Zamroni juga mengatakan, ancaman pidana tidak hanya menjerat kontestan dalam pemilu tetapi setiap orang bisa terkena ancaman pidana. Sehingga Bawaslu kembali mengimbau masyarakat dan seluruh kontestan dalam pemilu 2019 saling menjaga pesta demokrasi lima tahunan ini tetap aman kondusif dan damai.

“kita harapkan semua kontestan dalam pemilu dapat menjaga pesta demokrasi berlangsung aman dan kondusif. Serta kepada masyarakat tetap peduli dan ikut berpartisipasin aktif dalam mengawasi tahapan pemilu,”pungkasnya (RB)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00