KPU Alokasikan Anggaran Bagi Petugas KPPS Yang Meninggal Dunia

KBRN, Tanjungpinang : Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepri akan mengalokasikan anggaran yang digunakan terhadap petugas KPPS yang meninggal dunia dengan besaran Rp36 Juta Rupiah setiap orangnya.

Komisioner KPU Kepri Parlindungan Sihombing mengatakan kebijakan ini dilakukan sesuai dengan regulasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat, sehingga kebijakannya akan sama di setiap daerah.

"Ini kan aturannya sudah dikeluarkan dari Kementerian keuangan, jadi kita tinggal mengikuti," ucapnya pada Kamis (11/8/2022).

Namun hingga saat ini pihaknya masih belumbdapat memastikan kapan anggaran tersebut dapat terealisasi. Manurutnya Badan Ad Hoc perlu dibentuk terlebih dahuluuntuk bisa merealisasikan anggaran bagi anggota KPPS.

"Badan ini terdiri dari panitia pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara, dan Panitia Pendaftaran Pemilih yang dibentuk sekitar Bulan Desember mendatang," terangnya.

Diketahui sebelumnya Komisi Pemilihan Umum Pusat menyatakan pemerintah telah menetapkan uang santunan untuk petugas badan Ad Hoc pemilu 2024 berdasarkan surat Menteri Keuangan nomor S-647/MK.02/2022 tertanggal 5 Agustus yang menyatakan santunan untuk petugas yang meninggal dunia sebesar Rp36 Juta rupiah.

Hal tersebut juga sebagai antisipasi mengingat pada pemilu sebelumnya banyak petugas KPPS yang kelelahan dan mengakibatkan meninggal dunia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar