Anggota Tarung Derajat Di Minta Persiapkan Fisik Jelang Ujian

KBRN , Tanjungpinang; Perguruan Tarung Derajat Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dalam waktu dekat akan menggelar ujian kenaikan tingkat, yang dijadwalkan akan dilaksanakan di Gedung Daerah Kota Tanjungpinang pada bulan Maret mendatang. Kegiatan itu sudah menjadi agenda rutin dilakukan oleh keluarga olahraga Tarung Derajat.

“ujian kenaikan tingkat dilaksanakan dua kali dalam satu tahun,ujian kenaikan tingkat ini dari kurata satu kedua hingga kurata tiga ke kurata empat,” kata Khoirul Effendi Pelatih Tarung Derajat Kota Tanjungpinang, Senin (25/2/2019)

Dikatakan Khoirul Effendi, untuk materi yang diujiankan merupakan seluruh materi yang sudah diajarkan di Tarung Derajat yakni, jurus wajib , materi gerakan dasar tendangan, pukulan , tehnik tarung maupun kekuatan dan ketahanan fisik.

“jurus-jurus wajib di tarung derajat merupakan materi mutlak yang akan di uji, termasuk kekuatan dan ketahanan fisik anggota,” ujar Khoirul.

Dirinya menambahkan, Saat ini pihaknya masih melakukan pendataan dari lima satuan latihan tarung derajat Kota Tanjungpinang yang akan mengikuti ujian kenaikan tingkat. Selain itu, Khoirul meminta seluruh anggota yang akan mengikuti ujian kenaikan tingkat harus mempersiapkan diri menguasai materi dan melatih fisik, sehingga pada pelaksanaan ujian nantinya tidak mengalami kesulitan.

“seluruh anggita saya ingatkan untuk mempersiapkan diri dengan matang, sehingga pada ujian nanti dapat  maksimal dan memperoleh hasil yang terbaik,”tambahnya.

Sementara itu, Khoirul yang merupakan pelatih dan atlet tarung derajat Kota Tanjungpinang peraih medali emas pada Porprov Kepri ke empat ini menegaskan, kepada seluruh anggota khususnya Kurata 4 keatas untuk selalu ingat tanggung jawabnya dalam menjaga fisik dan tekhnik sesuai dengan yang diajarkan agar mampu memberikan kontribusi kepada perguruan.

“kurata empat lima dan enak merupakan tingkatan petarung, penggelut dan pengembang bela diri tarung derajat. Diharapkan tetap semangat melatih diri  sehingga mampu memberikan kontribusi kepada perguruan,”tegas Khoirul

Diungkapkannya, Secara filosofis, Boxer atau Tarung Derajat ini adalah logika dan tindakan moral yang pragmatis. Tarung Drajat adalah sebuah ilmu olahraga beladiri yang memanfaatkan sumber daya gerak otot, otak, serta nurani yang rasional dan realistis. Seluruh pergerakan anggota tubuh beserta bagian-bagian penting seperti kaki, tangan, kepala dan sebagainya. Semua itu dilakukan dengan tujuan meningkatkan dan menerapkan lima unsur daya gerak yaitu: kekuatan, kecepatan, ketepatan, keberanian, dan keuletan.

“Lima unsur ini melekat dengan agresif dan dinamis dalam gerakan-gerakan tendangan, bantingan, kuncian, serta teknik dan strategi bertahan-menyerang lainnya yang praktis,” pungkasnya. (RB)

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00