Komitmen Berantas Narkoba, Sipir Rutan Tanjungpinang Di Tes Urine

KBRN, Tanjungpinang;  Guna mengantisipasi penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau, Satgas Kamtib Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepri melaksanakan Tes Urine kepada 55 petugas Rutan serta Razia dan Penggeledahan pada kamar hunian Warga Binaan.

Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Tanjungpinang, Fonika Afandi kepada RRI mengatakan, Tes urine kepada petugas ini sendiri sebagai bentuk pengawasan dan pembinaan terhadap pegawai lembaga pemasyarakatan.

“kita berkomitmen memerangi narkoba, dan itu harus dimulai dari petugas dulu,” kata Fonika Afandi Karutan Tanjungpinang kepada Reporter RRI , Senin (11/2/2019)

Dikatakan Fonika, Tes urine ini dipimpin langsung Kepala Divisi Hukum Kanwilkumham Kepri. Sebanyak 55 sipir dites urine oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tanjungpinang.

“selain untuk memberantas narkoba, tes urine ini juga untuk memutus pengendalian jaringan narkoba yang ada di dalam rutan,”ujar Fonika

Fonika menegaskan, Akan menindak tegas terhadap petugas yang terbukti mengkonsumsi narkoba. Sanksi akan diberikan dari tingkat ringan hingga tingkat berat sesuai tingkat kesalahan maupun keterlibatan dalam narkoba tersebut.

“aturan sudah ada, intinya akan diberikan sanksi sesuai mekanisme yang ada. Bisa saja direhab terlebih dulu selanjutnya dilakukan pemeriksaan,” tegas Fonika

Petugas kemudian mulai melakukan penggeledahan sel yang ditempati warga binaan. Warga binaan  juga turut digeledah. Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan barang-barang yang membahayakan maupun barang-barang yang terlarang seperti sajam, handphone nihil. Petugas hanya menemukan gunting kuku, cukur jenggot dan sikat gigi yang dan langsung dilakukan penyitaan.

“untuk barang-barang terlarang zero, sementara untuk hasil tes urine 55 sipir rutan semua negative dari narkoba,” pungkasnya (RB)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00